Jumat, November 25, 2022

Yuk Simak Di Sini Bagaimana Cara Membaca Peta Geologi!

Peta geologi adalah sebuah bentuk pengetahuan yang terkonsentrasi di atas kertas, kombinasi antara kebenaran dan keindahan. 

Ilmu geologi biasanya berbicara tentang bentuk tanah di mana bukit dan lembah terletak, pola aliran dan sudut lereng dan seterusnya. Untuk mendapatkan detail tentang tanah semacam itu, maka orang memerlukan peta topografi atau kontur.

Kontur dan topografi merupakan bagian pertama dari peta geologi. Peta ini menempatkan jenis batuan, struktur geologi dan lebih banyak lagi ke halaman tercetak melalui warna, pola dan simbol.

Dari peta geologi orang dapat melihat hal-hal dasar seperti -garis pantai, jalan, kota, bangunan dan perbatasan -berwarna abu-abu. Kontur berwarna coklat, ditambah simbol untuk berbagai fitur air dengan warna biru. Semua itu terdapat di dasar peta. 

Bagian geologi terdiri dari garis hitam, simbol dan label, ditambah bidang warna. Garis-garis dan simbol-simbol memadatkan banyak informasi yang telah dikumpulkan para ahli geologi selama bertahun-tahun kerja lapangan.

Garis-garis pada peta menguraikan berbagai satuan batuan, atau formasi. Ahli geologi menyebutnya sebagai garis yang menunjukkan kontak antara unit batuan yang berbeda. Kontak ditunjukkan oleh garis tipis.

Garis pendek dengan angka di sebelahnya adalah simbol strike-and-dip, yang memberi dimensi ketiga dari lapisan batuan -arah yang mereka lebarkan ke tanah. Ahli geologi mengukur orientasi batuan untuk menemukan singkapan yang sesuai, menggunakan kompas dan transit. 

Dalam batuan sedimen itu mereka mencari bidang tempat tidur lapisan sedimen. Di bebatuan lain, tanda-tanda tempat tidur dapat dihapus, sehingga arah foliation, atau lapisan mineral diukur sebagai gantinya.

Setiap peta geologi memiliki alasan beragam dari standar. Mungkin batu-batu periode waktu tertentu tidak ada sehingga unit lain dapat berubah warna; mungkin warna-warna itu berbenturan dengan buruk; mungkin biaya kompromi kekuatan kompromi. 

Itulah alasan mengapa peta-peta geologis begitu menarik, karena masing-masing merupakan solusi yang disesuaikan untuk satu set kebutuhan tertentu. 

Salah satu kebutuhan adalah bahwa peta itu menyenangkan mata. Jadi peta geologi, terutama yang masih dicetak di atas kertas, merupakan dialog antara kebenaran dan keindahan.

Related Articles

Indonesia
63,863
Total active cases
Updated on November 25, 2022 6:20 pm

Latest Articles