Minggu, April 21, 2024
Ilmu TambangCatat! Ini Sebenarnya Manfaat Peta Geologi di Pertambangan..

Catat! Ini Sebenarnya Manfaat Peta Geologi di Pertambangan..

Manfaat Peta Geologi – Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, juga memiliki begitu banyak potensi sumber daya alam yang terkandung di dalamnya.

Untuk memanfaatkan sumber daya alam berupa barang tambang yang tersimpan di dalam perut bumi, dibutuhkan usaha yang keras dan waktu yang cukup lama.

Satu proses awal penting yang sangat menentukan dalam pengelolaan barang tambang tersebut adalah pemetaan wilayah pertambangan, yang disebut peta geologi.

Peta geologi adalah peta yang menggambarkan bagaimana keadaan geologis dari bentang alam wilayah Indonesia.

Peta ini memberikan informasi tentang jenis dan sebaran galian, struktur, morfologi dan kemiringan lereng, kerentanan tanah, runtunan variasi batuan, dan masih banyak lagi.

Baca Artikel  Wajib Tahu! Mobil Pertambangan Butuh SIM Khusus Loh

Peta geologi merekam persebaran barang tambang dengan jenis-jenisnya dan perbedaan kandungan di wilayah sebaran masing-masing.

Peta ini juga memudahkan untuk mengetahui letak barang tambang yang potensial untuk dimanfaatkan.

Informasi yang dihimpun dari peta ini kemudian akan menjadi bahan untuk mengambil keputusan dan kunci untuk menentukan layak tidaknya suatu wilayah untuk ditambang.

Demi mempermudah aktivitas di pertambangan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral mengeluarkan Keputusan Menteri (Kemen) Nomor 1806 K/30/MEM/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Penyusunan, Evaluasi, Persetujuan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Baca Juga: Harta Karun Langka Indonesia, Ada di Sini Ternyata..

Misalnya, Kemen tersebut salah satunya mengatur jenis peta yang bisa digunakan dalam dokumen studi kelayakan untuk mengolah komoditas batubara.

Baca Artikel  Minat Kerja di Tambang? Yuk Kenali Dulu Mata Kuliah ini

Jenis peta yang digunakan meliputi, peta situasi wilayah, geologi, topografi, penyebaran titik bor, penyebaran sumber daya, penyebaran cadangan, situasi tambang, bukaan lahan, rencana penambangan dan penyaluran air tambang, serta rencana reklamasi.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer