Senin, April 15, 2024
Berita TambangMinat Kerja di Tambang? Yuk Kenali Dulu Mata Kuliah ini

Minat Kerja di Tambang? Yuk Kenali Dulu Mata Kuliah ini

Sebelum kamu bisa kerja di industri tambang, ada baiknya kamu terlebih dahulu kenali mata kuliah apa saja yang mendalami dunia tambang saat duduk di bangku perkuliahan. 

Selain menjadi acuan untuk mengejar target ke depan, hal ini akan memudahkan kamu untuk memfokuskan karir mu di sektor industri pertambangan.

Perlu diketahui, ilmu dan teknik pertambangan adalah jurusan di perguruan tinggi yang mendalami kegiatan dan proses penambangan mineral berharga.

Biasanya jenis mineral yang ditambang meliputi emas, besi, aluminium, perak, timah, batubara, nikel dan ragam material lainnya. 

Baca Juga: Pentingnya Prinsip Konservasi dalam Ilmu Pertambangan

Lalu, untuk kelas yang akan kamu ikuti akan terbagi ke dalam beberapa materi. Berikut penjelasan mata kuliah teknik pertambangan yang akan kamu dalami jika ingin kerja di bidang tambang.

  1. Teknik Pertambangan Semester 1
Baca Artikel  Kebutuhan Batubara Domestik Diproyeksi Meningkat Pada 2022

Di sini ini kamu akan mempelajari materi yang berkaitan dengan pengantar rekayasa dan desain, kuliah matematika IA, tata tulis karya ilmiah, fisika dasar IA, dan kimia dasar IA.

2. Teknik Pertambangan Semester 2

Memasuki semester ini kamu akan mengikuti mata kuliah pengantar rekayasa dan desain II, matematika IIA, kimia dasar IIA, fisika Dasar IIA, mata kuliah bahasa Inggris, pengenalan teknologi informasi B dan mata kuliah olahraga.

3. Teknik Pertambangan Semester 3

Kamu akan semakin berfokus  di bidang geologi fisik, pengantar perpetaan, matriks dan ruang vektor, mekanik teknik, mekanik fluida, kristal dan mineral dan pengantar teknologi mineral.

4. Teknik Pertambangan Semester 4

Selanjutnya kamu akan mendalami mata kuliah petrologi, pengantar mekanika tanah, peralatan tambang dan penanganan material, termodinamika tambang, statistika dasar dan Tektonofisik.

Baca Artikel  Hingga Mei Sektor Batubara Setor PNBP Rp22 Triliun

5. Semester 5 

Untuk semester 5 dan selanjutnya, nantinya akan dibagi menjadi dua bagian. Pembagian berkaitan dengan konsentrasi tambang eksplorasi dan tambang umum.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer