Jumat, Maret 1, 2024
Berita TambangCatat! Ini Syarat Masuk Dunia Tambang saat Pandemi

Catat! Ini Syarat Masuk Dunia Tambang saat Pandemi

Bagi kamu calon ahli tambang yang kini memantapkan langkah untuk mengejar impian di industri pertambangan, maka kamu wajib mengetahui  dan memahami syarat masuk di dunia tambang saat kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir.

Namun, sebelumnya kamu pun harus mengerti bahwa sektor pertambangan adalah jenis pekerjaan yang sangat cocok dilakukan oleh orang-orang yang menyukai kerja lapangan dan tentunya mereka yang diterima harus mampu bekerja sama dengan tim secara cekatan.

Seperti yang diketahui, situasi pandemi yang melanda seluruh dunia  tentu saja memberikan dampak yang signifikan bagi sistem pekerjaan, termasuk  dalam syarat masuk pertambangan.

Oleh karenanya, industri ini perlu menerapkan beberapa penyesuaian baru agar tetap aman dalam kondisi pandemi. 

Kualifikasi pertama yang wajib kamu ketahui untuk bekerja di pertambangan saat pandemi adalah memiliki pengalaman.

Poin ini akan menjadi nilai plus yang sangat dipertimbangkan recruiter untuk menerima kamu di perusahaan tambang mereka.

Pastikanlah bahwa kamu sudah membekali diri dengan ilmu dan kemampuan praktik kerja lapangan yang mumpuni.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting untuk kamu kantongi yaitu menjaga kualitas track record.

Tidak masalah apabila kamu sedang bekerja di perusahaan yang skalanya masih tidak terlalu besar.

Tekuni profesi yang kamu kerjakan saat ini, dan pelajari semuanya dengan sungguh-sungguh. 

Jika memang kamu mengincar karir yang lebih tinggi di perusahaan yang lebih bergengsi, kamu harus mengukir  prestasi yang bagus, sehingga kamu  memiliki daya tawar profesional yang tinggi.

Sedangkan bagi kamu yang baru akan melamar kerja, pastikan bahwa kemampuan yang kamu miliki dari segi akademik dan praktik kerja lapangan sesuai dengan kualifikasi perusahaan.

Di samping kedua poin utama tersebut, bacalah dengan saksama segala regulasi baru terkait protokol kesehatan Covid-19 yang diterapkan di perusahaan tambang. 

Baca Juga: Pola Strategi New Normal di Industri Tambang

Secara umum, ada beberapa penyesuaian aturan yang harus diketahui para pekerja saat melakukan proses penambangan.

Beberapa di antaranya  yaitu Penguatan Protokol Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), pemanfaatan teknologi, dan pembaruan shift bergilir.

Meskipun kamu seorang pelamar, akan sangat baik jika kamu turut memahami profil dan cara kerja perusahaan di situasi pandemi.

Tentunya semua hal ini akan membantu kamu dalam mengikuti dan menjalankan setiap budaya kerja yang ada di perusahaan tambang yang kamu impikan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer