Minggu, April 14, 2024
MinerbaBatubaraJarang Diketahui, Ini Deretan Dampak Positif Tambang Batubara Bagi Masyarakat

Jarang Diketahui, Ini Deretan Dampak Positif Tambang Batubara Bagi Masyarakat

ilmutambang.com – Sampai sekarang industri pertambangan batubara seringkali distigmakan negatif, tetapi faktanya industri batu bara banyak memiliki dampak positif bagi masyarakat sekitar area tambang. Hal yang paling mudah dilihat salah satunya yaitu di bidang ekonomi. 

Melalui kegiatan pertambangan batubara, industri ini dapat menciptakan lapangan kerja dan kesempatan berusaha baru bagi masyarakat sekitar. Para pekerja tambang bisa mendapatkan penghasilan stabil, serta pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan standar hidup. 

Selain itu, kehadiran industri pertambangan batubara juga mendorong pembangunan infrastruktur, seperti jalan, sekolah, sampai layanan kesehatan.

Dampak Positif Industri Batu Bara

Nah selain bermanfaat bagi dua bidang di atas, ternyata ada banyak  lho dampak positif lain dari kehadiran industri tambang batubara. Penasaran apa? Langsung simak yuk penjelasannya di bawah ini: 

Penciptaan Lapangan Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi

Pertambangan batubara menyediakan ribuan lapangan kerja bagi masyarakat di daerah sekitarnya. Para pekerja mendapatkan penghasilan yang layak, dan kontribusi pajak dari industri ini juga menyokong pertumbuhan ekonomi daerah.

Terciptanya lapangan kerja ini merupakan dampak positif dari industri batu bara. Salah satu contoh perusahaan batubara yang ikut menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat lokal area tambang yaitu PT Kideco Jaya Agung di Paser, Kalimantan Timur.  Perusahaan batubara ini memprioritaskan masyarakat lokal untuk menjadi karyawan dengan alokasi 75,4 persen, sedangkan 24,8 persen untuk non-lokal. 

Baca Artikel  Intip Gaji Kideco, Ada yang sampai Belasan Juta Lho!

Infrastruktur dan Akses ke Layanan

Kehadiran industri pertambangan batubara seringkali mendorong pembangunan infrastruktur di daerah-daerah terpencil. Jalan-jalan, rumah sakit, sekolah, dan layanan umum lainnya seringkali dibangun atau ditingkatkan untuk memfasilitasi kegiatan pertambangan, dan masyarakat setempat juga mendapatkan manfaat dari infrastruktur ini.

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)

Industri pertambangan batubara sering memberikan pelatihan dan pendidikan kepada pekerja lokal. Hal ini membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, membuka peluang kerja lain di masa depan.

Dukungan Bagi Komunitas Lokal

Banyak perusahaan pertambangan batu bara yang memiliki program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) yang aktif. Program-program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat melalui proyek-proyek pembangunan, pelatihan, dan bantuan sosial.

Baca Artikel  Apa Aja si Sebenarnya Kerjaan Surveyor Tambang?

Sumber Pendapatan Bagi Negara

Pendapatan dari industri pertambangan batubara juga berkontribusi pada pemasukan pemerintah melalui pajak dan royalti. Dana ini dapat digunakan untuk membiayai program pemerintah dan investasi infrastruktur lebih lanjut. 

Meskipun memiliki dampak positif yang dapat diidentifikasi, penting untuk diingat bahwa pertambangan batubara harus dilakukan sesuai dengan peraturan dan ketentuan sesuai aturan pemerintah demi mencegah kerusakan terhadap lingkungan.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa setiap aktivitas pertambangan dilakukan secara bertanggung jawab, mematuhi peraturan lingkungan, dan memprioritaskan kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca Artikel  Mengintip Gaji Operator Alat Berat Tambang, Ada yang Rp15 Juta

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer