Kamis, Oktober 28, 2021

Apa Aja si Sebenarnya Kerjaan Surveyor Tambang?

Jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki impian menjadi surveyor tambang, maka kamu wajib mengetahui tugas dan tanggung jawab apa saja yang dikerjakan di dalam profesi ini. Selain itu, bisa dikatakan semua jenis pekerjaan di dunia tambang, termasuk surveyor memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penambangan.

Surveyor tambang sangat identik dengan data, kejelasan, dan riset. Semua elemen ini akan digunakan surveyor untuk pengukuran, pengolahan data, penyajian data hingga penggambaran data lapangan.

Hasil dari semua data yang didapatkan nantinya akan memberikan petunjuk (guide) arah penambangan. Seperti membantu mine production dan mine planning dalam mengawasi dan mengontrol pekerjaan atau kegiatan penambangan.

Rata-rata surveyor yang sudah punya pengalaman di lapangan, biasanya diarahkan untuk sebagai survey data processing. Kemudian dilanjutkan dalam tugas perhitungan volume, perhitungan cadangan, desain jalan, dan menghitung kapasitas alat.

Di samping itu, terdapat beberapa tugas lain yang dikerjakan oleh surveyor. Pertama, menjadi juru ukur tambang yang  bertugas menunjuk atau menentukan arah dan batas-batas yang akan digali sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Kedua, mengambil langkah-langkah untuk membuat ketepatan dari setiap peta-peta, gambar-gambar atas peta penampang yang belum dibuat olehnya atau yang dibawah pengawasannya.

Baca Juga : Inilah Software Akuntansi yang Digunakan di Pertambangan!

Ketiga, jika ada keraguan akan ketepatan dari setiap peta  penampang dari tambang yang tidak dapat dibuat oleh atau di bawah pengawas juru ukur tambang, maka surveyor harus melaporkan kepada kepala teknik tambang. Hal ini menjadi keharusan untuk menghindari dampak terhadap pekerjaan, kegiatan tambang, dan  keselamatan orang-orang di tambang.

Related Articles

Indonesia
12,735
Total active cases
Updated on October 28, 2021 1:43 pm

Latest Articles