Kamis, Juni 13, 2024
Berita TambangBanyak yang Belum Tahu, Ini Manfaat Perusahaan Tambang Bagi Negara!

Banyak yang Belum Tahu, Ini Manfaat Perusahaan Tambang Bagi Negara!

ilmutambang.com – Hasil tambang merupakan kekayaan alam yang paling menjanjikan bagi perekonomian Negara Indonesia. Pertambangan di Indonesia mempunyai nilai jual produk yang sangatlah besar dengan dukungan perusahaan tambang, tenaga kerja dan sektor lainnya.

Tidak dapat dipungkiri, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya tambang. Hal ini dibuktikan dengan beberapa wilayah di Tanah Air dengan sumber daya tambang melimpah. 

Beberapa wilayah tersebut seperti tambang pasir di kepulauan Bangka Belitung, tambang minyak dan gas alam, tambang batubara di Kalimantan, tambang emas di Papua, tambang batu, tambang aspal dan mineral lainnya.

Manfaat Pertambangan Bagi Negara

Beberapa peran penting pertambangan dalam membantu kemakmuran Indonesia, antara lain:

  1. Menambah Pendapatan Daerah dan Negara

Manfaat sektor pertambangan menambah dan mendorong devisa bagi negara karena pendapatan tambang sangatlah besar. Industri pertambangan Indonesia mencangkup tambang batu bara, emas mulia, besi, aspal, timah, hingga nikel. Hampir setiap kegiatan masyarakat dipengaruhi sektor pertambangan dan industri turunannya. 

Misalnya, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) merupakan penyumbang batubara terbesar di Indonesia, maka pertumbuhan ekonominya didorong hasil penjualan ekspor batubara.

  1. Menyediakan Lapangan Pekerjaan

Pertambangan menyerap banyak tenaga kerja dengan bermacam-macam kualifikasi kemampuan dan keahlian. Setiap kegiatan pertambangan memerlukan ahli-ahli di masing-masing bidangnya. 

Karena banyaknya kebutuhan tenaga kerja, pertambangan banyak membuka lapangan pekerjaan. Melansir Indonesia Salary Guide 2023, gaji pekerja sektor tambang bisa mencapai sekitar Rp 230 juta/bulan.

  1. Memangkas Biaya Impor untuk Hasil Tambang dari Luar Negeri

Pertambangan di Indonesia telah memiliki kemajuan agar rakyat dapat menikmati bahan dan barang sehari-hari yang diproduksi di dalam negeri. Pertambangan dapat menyeimbangkan persentase antara ekspor dan impor barang di Indonesia. 

  1. Memajukan Bidang Transportasi dan Komunikasi Di Indonesia

Jalur transportasi di berbagai daerah telah semakin terbuka dan dapat diakses oleh masyarakat dengan lebih mudah. Berbagai menara pemancar komunikasi yang dibangun, tidak hanya memberi manfaat kepada perusahaan tapi juga bagi masyarakat sekitar. 

Kawan tambang, ke depan Indonesia diharapkan dapat secara efektif meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pertambangan berkelanjutan (sustainable mining) untuk memberi manfaat pada masyarakat, lingkungan dan bagi bumi. 

Baca Artikel  Manfaat Tailing Hasil Pengolahan Tambang Bagi Kehidupan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer