Jumat, November 25, 2022

Mengenal 4 Jenis Pekerjaan yang Dibutuhkan di Pertambangan

4 Jenis Pekerjaan di Pertambangan

Tidak dapat dipungkiri, bekerja di tambang memang banyak sekali keuntungannya, mulai dari gaji tinggi, fasilitas tempat tinggal, makan, dan manfaat lainnya. 

Namun pertanyaannya, profesi apa sih biasanya yang sering dibutuhkan untuk bekerja di pertambangan? 

Sebenarnya, terdapat berbagai macam jenis pekerjaan yang bisa kamu jumpai di pertambangan. Tentu saja pekerjaan tersebut memiliki job desk-nya masing-masing, dengan risiko yang berbeda. 

Berikut ini adalah penjabaran jenis pekerjaan di bidang pertambangan yang bisa kamu ketahui:

1. Insinyur Pertambangan

Jenis pekerjaan di bidang pertambangan yang tidak kalah penting adalah teknisi atau operator adalah insinyur pertambangan.

Di bidang ini, insinyur memiliki tugas yakni melakukan pengembangan terhadap model pembangunan dan akses pada aktivitas pertambangan.

Tak hanya itu saja, insinyur pertambangan juga berperan penting dalam hal perencanaan serta pengawasan terhadap seluruh fasilitas yang berkaitan dengan pertambangan.

2. Teknisi atau Operator

Kawan Tambang pasti tahu bukan, di daerah pertambangan apapun jenisnya dibutuhkan beraneka macam alat berat yang harus dioperasikan untuk kebutuhan pertambangan?

Maka dari itu, di industri pertambangan biasanya dibutuhkan teknisi atau disebut juga dengan operator, yang bertugas untuk mengoperasikan alat berat.

Tidak hanya itu saja, para teknisi atau operator diwajibkan untuk memahami aneka prosedur ekskavasi. Hal tersebut bertujuan agar penggalian lokasi tambang dapat berjalan dengan lancar.

3. Ahli Keuangan

Pekerjaan yang selanjutnya biasa ada di industri pertambangan yaitu ahli keuangan. Sama hal perusahaan di bidang lainnya, usaha di bidang tambang juga sangat membutuhkan ahli keuangan, guna mengelola dan mengawasi arus keuangan perusahaan pertambangan.

Dengan ahli keuangan, maka perusahaan juga dapat mengetahui seberapa besar pengeluaran dan pemasukan yang didapatkan, sehingga perusahaan dapat mengendalikannya.

4. Ahli Lingkungan

Seringkali terdengar, bahwasannya aktivitas pertambangan memberikan dampak pada lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, di bidang pertambangan sangat dibutuhkan adanya ahli lingkungan, yang dinilai sangat penting.

Pasalnya, ahli lingkungan akan berperan dalam mengawasi potensi yang ditimbulkan oleh pertambangan terhadap kerusakan lingkungan sekitar.

Sebagai seorang ahli atau spesialis lingkungan, maka sangat penting sekali untuk memastikan bahwa flora, fauna, kondisi tanah, dan elemen-elemen penting tidak terganggu oleh proses penambangan.



Tak hanya itu saja, seorang ahli lingkungan juga memiliki peran khusus terhadap pengendalian polusi di sekitar lingkungan pertambangan.

Itu dia informasi mengenai beberapa jenis pekerjaan yang biasa ada di industri pertambangan. Setiap pekerjaan tentunya memiliki job description terkait tugas dan tanggung jawab masing-masing. Nah untuk Kawan Tambang sendiri, siap memilih jadi profesi apa nih di pertambangan? 

Related Articles

Indonesia
63,863
Total active cases
Updated on November 25, 2022 6:20 pm

Latest Articles