Rabu, Februari 1, 2023
Berita Tambang5 Tips Mencegah Kecelakaan Kerja di Pertambangan

5 Tips Mencegah Kecelakaan Kerja di Pertambangan

Tips Mencegah Kecelakaan Kerja di Pertambangan – Industri pertambangan merupakan industri yang bisa sebut penuh akan risiko. Kecelakaan kerja dapat terjadi kapan saja. Bukan hanya dari kelalaian karyawan dalam mengoperasikan mesin, tetapi juga dapat datang dari kondisi alam yang tidak mendukung.

Maka dari itu, kesehatan dan keselamatan kerja (K3) menjadi hal wajib yang harus diprioritaskan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja yang dapat membahayakan para karyawan maupun warga sekitar lokasi pertambangan.

Nah untuk membantu mencapai tujuan tersebut, berikut lima tips yang bisa dilakukan oleh perusahaan dan karyawan tambang dalam mencegah kecelakaan saat bekerja: 

Tips Mencegah Kecelakaan Kerja di Pertambangan

1. Jangan Menganggap Remeh Bahaya yang Mengintai

Waspada dan peka terhadap sekitar. Itulah poin penting yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang dapat terjadi kapan saja. Keselamatan kerja akan mudah tercapai bila kamu dan para pekerja lain tidak menganggap remeh bahaya yang selalu mengintai dan siap menerkam sewaktu-waktu. 

Contoh, ketika mendapati karyawan yang tengah sakit, maka segera minta untuk beristirahat agar tidak mengganggu kinerja karyawan lain serta dapat mengakibatkan kecelakaan yang lebih berisiko.

Baca Artikel  Safety First! 5 Cara Menghindari Kecelakaan Kerja di Tambang

2. Lakukan Perencanaan dengan Matang, Terutama Mengenai Keadaan Lingkungan dan Alam Sekitar

Sebelum mulai terjun di lokasi pertambangan, alangkah lebih baik bila kamu melakukan survei lapangan terlebih dahulu.

Hasil dari kegiatan observasi tersebutlah yang membantu perencanaan kerja bisa berjalan lancar. Pastikan dalam survei tersebut, kamu juga sudah mengetahui bagaimana kondisi lingkungan sekitar dan keadaan cuaca di sana. Bahkan, jangan ragu untuk melibatkan masyarakat agar tidak merugikan masyarakat sekitar selama penambangan dilakukan. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer