Jumat, Juni 14, 2024
Berita TambangDanau Biru Sawahlunto, Danau Eksotis Bekas Galian Tambang

Danau Biru Sawahlunto, Danau Eksotis Bekas Galian Tambang

Danau Biru yang eksotis di Sawahlunto merupakan danau yang terbentuk dari bekas dari penambangan batubara yang sudah berdiri sejak 1891.

Siapa sangka, tempat yang dulunya penuh dengan alat berat dan tambang batubara ini sekarang menjadi salah satu tempat favorit wisatawan, karena mampu memanjakan mata pengunjung karena keindahan airnya yang biru.

Air yang mengisi danau adalah air hujan yang tertampung, karena jumlah debit air semakin banyak kemudian terbentuklah danau ini.  

Ada juga yang mengatakan bahwa air di Danau Biru Sawahlunto yang jernih ini muncul dari endapan air bawah tanah. Jika benar air danau muncul dari endapan bawah, pantas saja jika air danau terlihat jernih, mungkin karena kandungan mineralnya yang tinggi.

Pemandangan danau biru menjadi pemandangan yang dapat memanjakan mata bagi siapa saja yang datang berkunjung. Wisatawan seolah-olah tersihir oleh keindahan danau tersebut.

Namun tidak hanya danau yang memiliki air berwarna biru, pepohonan yang berjejer mengelilingi danau tampak seperti bingkai alami. Pohon yang masih berwarna hijau pun pas sekali jika disandingkan dengan warna dari air danau. Perpaduan warna nan eksotis ini layaknya lukisan panorama yang digambar di atas kanvas.

Baca Artikel  Perkenalkan Sawahlunto, Kota Tambang Warisan Budaya Dunia

Danau Biru ini cocok untuk bagi Kawan Tambang yang sedang ingin healing dari stress dan refreshing mencari hawa segar. Wisatawan yang berkunjung di danau ini memang masih sedikit, jadi suasana akan lebih sepi karena tak banyak hiruk pikuk dari wisatawan.

Jika Kawan Tambang ingin berkunjung ke sini tak usah khawatir, karena bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Tempat ini berjarak 95 kilometer sebelah timur Kota Padang, jika ditempuh menggunakan mobil akan membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam. 

Melihat pesona keindahan yang disuguhkan Danau Biru Sawahlunto ini, Kawan Tambang ada rencana berkunjung ke sana? 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer