Minggu, Mei 26, 2024
MinerbaBatubaraDeretan 5 Pengusaha Tambang Kaya versi Forbes

Deretan 5 Pengusaha Tambang Kaya versi Forbes

ilmutambang.com – Majalah Forbes menerbitkan daftar pengusaha tambang terkaya di Indonesia pada akhir 2022 lalu. Siapa sangka, kekayaan mereka ada yang tembus triliunan rupiah lho! 

Catatan majalah Forbes menyebut, terdapat 50 pengusaha tambang yang dinyatakan terkaya di Indonesia. Tapi pertanyaannya, siapa saja ya nama pebisnis dunia pertambangan Tanah Air yang masuk ke dalam deretan top 5 orang terkaya di Indonesia? 

Daripada penasaran, langsung simak informasinya di bawah ini yuk: 

  1. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong adalah pengusaha tambang terkaya yang menduduki peringkat pertama dalam daftar deretan pengusaha tambang terkaya di Indonesia. Kekayaan raja batubara ini mencapai 27,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp434 triliun.

Baca Artikel  4 Pola Pengeboran Tambang Bawah Tanah, Pelajari Di Sini Yuk!

Low Tuck Kwong, pria kelahiran Singapura mendirikan perusahaan batubara di Indonesia dengan nama Bayan Resources. Ia juga mengendalikan perusahaan energi Singapura, yaitu Metis Energy, The Farrer Park Company, Samindo Resources dan Voksel Electric. 

  1. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat adalah pengusaha tambang pendiri Adaro Energi yang memiliki kekayaan US$ 3,1 miliar dolar. Theodore mulai berbisnis dengan juga mendirikan Triputra Group. Perusahaan batubara itu berada di Kalimantan Selatan dengan kapasitas produksi mencapai 25 juta ton setahun. 

  1. Garibaldi Thohir 

Garibaldi Thohir menguasai sejumlah saham di PT Adaro Energy. Ia juga adalah pendiri WOM Finance dan menjadi main dealer distribusi motor Honda. Total kekayaannya mencapai US$ 2,6 miliar dolar.  

  1. Peter Sondakh
Baca Artikel  4 Alat Berat Ini Bisa Perbaiki Jalan Tambang yang Rusak

Peter Sondakh memiliki kekayaan sebesar US$ 2 miliar dolar.  Kekayaan ini berasal dari Rajawali Corpora, yaitu induk perusahaan dari Archi Group, Golden Eagle Energy dan Indo Mines Ltd yang beroperasi di daerah Kalimantan Timur dan Selatan. Cadangan batubara mereka sebesar 730 juta ton dengan kapasitas produksi 2,5 juta ton per tahun.

  1. Kiki Barki

Kiki Barki adalah pemilik perusahaan pertambangan batubara PT Harum Energi Tbk (HRUM), dengan kekayaan sebesar US$1,6 miliar dolar.

Kawan tambang, kelima pengusaha tambang batubara tersebut masuk ke dalam daftar orang terkaya Indonesia, dengan kekayaan yang sangat fantastis. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer