Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangDukung Transisi Energi! Holding Kideco Bangun PLTS

Dukung Transisi Energi! Holding Kideco Bangun PLTS

Holding Kideco yaitu PT Indika Energy Tbk (INDY) melalui anak usahanya PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya (EMITS), meneken kerja sama bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di kawasan Pelabuhan Sabang.

EMITS telah menandatangani nota kesepahaman dengan Enertec Mitra Solusi (ENERTEC) dan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS). Adanya kerja sama ini merupakan komitmen dari holding Kideco dalam mendukung transisi energi.

Penandatanganan nota kesepahaman dilaksanakan di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi di Jakarta.

Momentum tersebut juga disaksikan oleh Deputi Koordinator Bidang Kedaulatan Maritim dan Energi, Basilio Dias Araujo.

Kerja sama dilakukan dengan pemasangan solar Photovoltaic (PV), guna mewujudkan Pelabuhan Sabang menjadi green port.

Baca Artikel  Top 5 Provinsi Penghasil Batubara Indonesia, Ada Daerahmu?

Konsep ini mengacu kepada pengembangan pelabuhan berkelanjutan yang mengintegrasikan aspek kelestarian lingkungan, konservasi energi, pemberdayaan masyarakat dan aspek ekonomi dari Pelabuhan Sabang.

“Energi terbarukan melalui tenaga surya di Indonesia masih perlu ditingkatkan. Potensi energi surya di Indonesia sangat besar yakni sekitar 207,8 gigawatt (GW), namun yang telah dimanfaatkan baru sekitar 153,8 megawatt (MW),” tutur Basilio.

Adanya kerja sama ini diharapkan dapat menjadi terobosan di Wilayah Aceh dan Sabang, terutama dalam memenuhi listrik Kawasan Sabang dan Pelabuhan Bebas Sabang.

Kedepannya model kerja sama seperti ini direncanakan akan diterapkan untuk pelabuhan-pelabuhan strategis lainnya di Indonesia.

Baca Juga : HUT Ke-21 Holding Kideco Perkuat Komitmen Netral Karbon

Baca Artikel  Lahan Bekas Tambang Ini Dijadikan Wisata Edukasi Buaya!

Wakil Direktur Utama dari Group CEO Indika Energy Aziz Armand mengatakan, kerja sama ini merupakan wujud komitmen Indika Energy Group dalam mendiversifikasi portofolio bisnis, lalu untuk mencapai tujuan berkelanjutan, dan mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada tahun 2025.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer