Jumat, Juni 14, 2024
Berita TambangDump Truck Bakal Jadi Ikon Wisata Baru Sangatta

Dump Truck Bakal Jadi Ikon Wisata Baru Sangatta

Dump Truck bakal jadi ikon wisata baru Sangatta – Diperkirakan hingga bulan April 2022 mendatang, wisata Bukit Pandang, yang berada di Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, Kutai Timur ditutup. Untuk itu masyarakat diharapkan bersabar dan memahami kondisinya.

Kebijakan itu diambil seiring adanya penambahan wahana di Bukit Pandang itu, yaitu pengerjaan Monumen Ikon Tambang di lokasi tersebut.

Monumen Ikon baru bagi wisata Bukit Pandang tersebut adalah sebuah Dump truck besar, yaitu Liebherr T282B. Dump truck ini dirancang pada tahun 2004 oleh produsen Jerman.

Truk seberat 203 ton ini dapat mengangkut sekitar 365 ton material, yang ditenagai oleh mesin V20 yang mampu menghasilkan daya hingga 3.650 Hp. Namun truk ini hanya mampu berjalan dengan kecepatan maksimum 64 Km per jam.

Baca Artikel  4 Daerah Ini Penghasil Bauksit Indonesia, Ada Daerahmu?

Liebherr T282B memiliki ukuran panjang 14,5 meter, lebar 8,7 meter dan tinggi 7,4 meter, serta tinggi ban mencapai 6,6 meter, sedangkan kapasitas tangki bahan bakar dapat menampung hingga 4.732 liter.

Dump truck Liebherr T282B ini telah dipensiunkan dari tugasnya di PT Kaltim Prima Coal (PT KPC). Saat ini, dump truck sedang dalam proses pelepasan materialnya di Assembly Area Tanggo Delta Kawasan konsesi PT KPC.

Baca Juga: Mengenal LiDAR One, Teknologi Drone Canggih di Pertambangan

Dengan ditutupnya wisata itu, maka masyarakat maupun pedagang yang biasanya menghabiskan akhir pekan di lokasi tersebut untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan aktivitas di sana.

Diharapkan, dengan dipindahkannya unit terbesar yang pernah beroperasi di wilayah kerjanya ini, dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan dan menjadi pusat hiburan bagi masyarakat.

Baca Artikel  Penasaran Tugas dan Tanggung Jawab Mining Geology Apa Saja?

Namun setelah pengerjaan selesai, masyarakat dapat menikmati wahana baru di tempat wisata Bukit Pandang nantinya.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer