Minggu, April 21, 2024
Ilmu TambangPenasaran Tugas dan Tanggung Jawab Mining Geology Apa Saja?

Penasaran Tugas dan Tanggung Jawab Mining Geology Apa Saja?

Seorang ahli mining geology (geologi pertambangan) memiliki tugas dan peran penting di dunia pertambangan. Geologi pertambangan adalah ilmu terapan yang menggabungkan teknik pertambangan dan prinsip-prinsip geologi ekonomi untuk pengembangan sumber daya mineral tertentu.

Secara umum, geologi adalah ilmu yang mempelajari bagian dalam bumi, struktur, sifat fisik, hingga komposisi bumi. Dengan ilmu ini, orang dapat mengenali beragam mineral alam, seperti emas, belerang, zinc dan sebagainya.

Sedangkan seorang ahli geologi pertambangan merupakan orang yang memahami mengenai komposisi mineral alam. Orang di posisi ini biasanya bertanggung jawab untuk meningkatkan kapasitas, baik kuantitas dan kualitas, dari sebuah proyek ekstraksi mineral.

Secara umum tugas seorang ahli geologi pertambangan adalah menemukannya mineral-mineral dalam inti bumi. Setelah itu, memastikan struktur mineral, hingga nilai kadarnya, dan menentukan berapa lama masa tambang di wilayah tersebut.

Baca Artikel  APBI Sebut Anggotanya Bisa Kembali Ekspor Batubara, Kideco?

Baca Juga : Mengenal Jenis-jenis Seragam di Perusahaan Tambang

Secara rinci para ahli geologi pertambangan mempunyai tanggung jawab sebagai berikut:

  • Merancang lokasi tambang, apakah tambang terbuka atau tambang bawah tanah. Melakukan pengawasan terhadap pembangunan poros tambang serta lorong untuk operasi di bawah tanah.
  • Merancang metode pengangkutan mineral ke pabrik.
  • Menyiapkan dokumen laporan teknis kepada beberapa pihak, seperti penambang, insinyur dan supervisor.
  • Memantau tingkat produksi untuk evaluasi dan efektivitas kegiatan pertambangan.
  • Menyediakan alternatif solusi terhadap setiap permasalahan di lokasi reklamasi kawasan tambang, baik dari aspek tanah, air dan udara.

Memastikan kegiatan pertambangan dilaksanakan berdasarkan SOP, sehingga proyek berjalan dengan aman, baik dari sisi lingkungan, hukum dan keamanan.

Baca Artikel  Holding Kideco Fokus Diversifikasi Strategi Bisnis

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer