Minggu, Februari 25, 2024
MinerbaBatubaraAPBI Sebut Anggotanya Bisa Kembali Ekspor Batubara, Kideco?

APBI Sebut Anggotanya Bisa Kembali Ekspor Batubara, Kideco?

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia memastikan, seluruh perusahaan yang tergabung ke dalam APBI kini sudah bisa melaksanakan kembali ekspor batubara.

Dia mengatakan, sebelumnya pemerintah per 1 Februari 2022 telah mencabut kembali kebijakan terkait pelarangan ekspor batubara yang telah diimplementasikan sepanjang Januari 2022.

Pelarangan ekspor, lanjut Hendra, tentu membuat keterlambatan pengiriman ekspor batubara ke negara-negara tujuan, seperti China dan India.

“Perusahaan besar mungkin bisa di Maret mungkin ya baru bisa benar-benar normal (seperti) sebelum larangan ekspor,” ujar Hendra (7/2/2022).

Berikut Top 10 anggota APBI yang telah memenuhi Domestic Market Obligation (DMO) dan juga diizinkan kembali ekspor batubara per 1 Februari 2022:

  1. PT Kideco Jaya Agung (Kideco)
  2. PT Adaro Indonesia
  3. PT Bukit Asam (Persero) Tbk
  4. PT Kaltim Prima Coal
  5. PT Borneo Indobara
  6. PT Arutmin Indonesia
  7. PT Berau Coal
  8. PT Multi Harapan Utama
  9. PT Saijaan Prima Coal
  10. PT Allied Indo Coal Jaya
Baca Artikel  Sederet Harapan Pemerintah untuk Sektor Minerba Di Indonesia

Di sisi lain, Kementerian ESDM sebelumnya telah menerbitkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2022 tentang Pedoman Pengenaan Sanksi Administratif, Pelarangan Penjualan Batubara ke Luar Negeri dan Pengenaan Denda serta Dana Kompensasi Pemenuhan Kebutuhan Batubara Dalam Negeri.

Baca Juga: Wisata Sejarah ke Museum Timah Indonesia di Muntok

Aturan ini antara lain mengatur tentang pengenaan sanksi bagi perusahaan batubara yang tidak memenuhi komitmen Domestic Market Obligation (DMO).

Hendra mengungkapkan, pihaknya mengharapkan segera ada sosialisasi terkait kehadiran regulasi ini.

“Kami harapkan agar pemerintah dapat segera melaksanakan sosialisasi mengingat masih terdapat hal-hal teknis,” pungkas Hendra.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer