Senin, April 15, 2024
Ilmu TambangWisata Sejarah ke Museum Timah Indonesia di Muntok

Wisata Sejarah ke Museum Timah Indonesia di Muntok

Wisata Sejarah ke Museum Timah Indonesia di Muntok – Kota Muntok berada di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyimpan berbagai potensi wisata. Salah satunya adalah Museum Timah Indonesia (MTI) Muntok.

MTI Muntok menyajikan perjalanan sejarah penambangan timah hingga alat-alat yang digunakan dalam penambangan timah dari masa ke masa. Sekitar 70 persen menghadirkan sejarah tentang pertimahan, sisanya berisi tentang sejarah nasional, melayu dan internasional.

MTI juga memiliki galeri perang dunia ke II. MTI telah ditetapkan sebagai cagar budaya Bangka Barat semenjak diresmikan 13 Desember 2013.

Pada Februari 2022 ini, PT Timah melakukan Perbaikan struktur bangunan dan galeri. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan keamanan, kenyamanan pengunjung serta daya tarik museum, agar lebih menarik minat pengunjung.

Baca Artikel  Penguatan Harga Batubara Topang Kinerja Indika Energy

Kini MTI menjadi daya tarik wisata dan salah satu tujuan wisata pengunjung, baik lokal bahkan mancanegara bila ke Bangka Barat.

Namun pada masa pandemi ini MTI mengalami penurunan tingkat kunjungan museum karena aturan dan penutupan museum.

Baca Juga: Harga Timah Meroket, Waktu yang Tepat untuk Menambang

Meskipun sekarang Covid sudah mereda dan MTI menerima pengunjung namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

MTI merupakan penunjang Pariwisata di Bangka Barat. Segala operasional museum dibiayai langsung oleh PT Timah. Jadi pengunjung datang tanpa dipungut biaya.

Pengunjung MTI akan ditemani oleh pemandu yang akan menjelaskan tentang setiap sejarah yang ada di MTI Muntok. Selain itu juga dapat berdiskusi dengan para pemandu di MTI.

Baca Artikel  Keren! Eks-Tambang Timah Disulap Jadi Kawasan Wisata

Bagi yang ingin mengunjungi MTI Muntok museum ini dibuka setiap hari kecuali Jumat pada pukul 09.00-16.00 WIB.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer