Minggu, April 14, 2024
Berita TambangKeren! Eks-Tambang Timah Disulap Jadi Kawasan Wisata

Keren! Eks-Tambang Timah Disulap Jadi Kawasan Wisata

Dalam mendukung pendapatan di Desa Cit, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Pemerintah Daerah (Pemda) Bangka melalui kepala  desa setempat menyulap dan menghijaukan lahan eks tambang timah menjadi kawasan wisata yang indah dan memesona.

Objek wisata tersebut tepatnya berada di Desa Air Putih, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Sedangkan untuk nama tempat wisata tersebut adalah Air Biru atau masyarakat yang tinggal di sana kerap menyebutnya dengan Kolong Biru atau Danau Kaolin.

Dulunya, Kolong Biru ini merupakan lahan bekas penambangan bijih timah yang dioperasikan oleh salah satu perusahaan swasta di Indonesia. 

Kepala Desa Cit Hardani mengatakan, pihaknya memanfaatkan lahan bekas penambangan biji timah untuk membantu perekonomian masyarakat. Di sekitar tempat wisata ditanam berbagai pepohonan seperti cemara laut dan jambu mete untuk menambah kenyamanan wisatawan agar tak kepanasan.

Baca Artikel  Ini Alasan Kenapa Ekskavator Tak Pakai Ban!

“Objek wisata Air Biru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik dalam maupun luar pulau Bangka karena didukung dengan tanaman penghijauan seperti pohon cemara laut dan jambu mente,” kata Hardani.

Wisata Air Biru menawarkan pemandangan semacam danau dengan warna biru yang cantik dan jernih. Selain itu, di sekeliling danau pengunjung dapat menemukan gundukan tanah bekas galian timah berwarna putih membentang dan membentuk bukit-bukit baru. 

Apabila menyisir ke kiri lagi, maka wisatawan akan melihat kolong lain yang berukuran lebih kecil namun berwarna hijau cerah. Kedua kolong ini berdampingan tetapi menampilkan warna dengan perbedaan kontras. Pemandangan yang sungguh menakjubkan.

“Yang membuat warnanya berbeda mungkin karena kandungan timahnya beda, kedalamannya juga mungkin beda. Kalau yang biru ini katanya 20 meter lebih, saya kurang tahu persis,” ucap salah seorang pengunjung, Hendri.

Baca Artikel  Ekonomi 2021 Pulih Harga Batubara Diprediksi Naik

Hardani menambahkan, meskipun jembatan menuju kawasan ini rusak akibat banjir, wisatawan tetap datang dan melakukan kegiatan wisata. Bahkan para pengunjung tidak hanya dari Bangka Belitung, namun ada juga dari luar wilayah seperti Palembang Sumatera Selatan. 

Baca Juga : Keren! Eks-Tambang Batubara Ini Siap Disulap Jadi PLTP

Dia juga berharap dengan minat masyarakat yang tinggi, kedepannya akses ke wisata Air Biru ini bisa diperbaiki sehingga masyarakat lokal dan luar bisa datang ke tempat in tanpa akses yang sulit.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer