Selasa, Juni 15, 2021

Keren! Eks-Tambang Batubara Ini Siap Disulap Jadi PLTP

Tidak akan lama lagi lahan eks tambang yang terletak di timur laut Inggris akan segera disulap menjadi area proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Pemanfaatan lahan bekas ini sudah mengikuti pengujian awal dan berhasil mengantongi izin dari pemerintah setempat.

Dari pengumuman resmi yang dirilis pada Senin (17/05/2021) kemarin, Dewan Tyneside Selatan menyampaikan, proyek tersebut akan menarik energi panas bumi dari tambang yang ditinggalkan. 

Turut disampaikan pula jika Hebburn Colliery sebagai lahan eks tambang batu bara yang bakal disulap jadi PLTP ini sudah berdiri pada akhir abad ke-18 dan pernah ditutup pada tahun 1932.

Rencananya dalam pengerjaan proyek akan melibatkan kerja sama dengan Universitas Durham dan otoritas batu bara Inggris. Di samping itu, Departemen Energi AS mengungkapkan, energi panas bumi ini menjadi sumber daya panas bumi yang bersih dan penting.

Otoritas Batu Bara Inggris menyebut pompa air yang menjaga tambang bawah tanah tetap kering sering kali dimatikan, sehingga menyebabkan banjir. Selain itu, diperkirakan suhu akan tetap stabil sepanjang tahun karena adanya proses geologi memanaskan air. 

Baca Juga : Tanaman Lokal Paling Mampu Memulihkan Lahan Eks-Tambang

Nantinya di Hebbur akan ada dua sumur yang dibor untuk mengambil air dari tambang, dengan pengujian dilakukan untuk memastikan proyek tersebut layak.

Related Articles

Indonesia
115,197
Total active cases
Updated on June 15, 2021 8:27 am

Latest Articles