Minggu, April 21, 2024
Ilmu TambangFYI: Di Pertambangan Bisa Melakukan Kegiatan Ekonomi Loh..

FYI: Di Pertambangan Bisa Melakukan Kegiatan Ekonomi Loh..

Kegiatan usaha ekonomi di pertambangan secara umum dibagi menjadi dua, yaitu pertambangan mineral dan pertambangan batubara. 

Pertambangan mineral terbagi lagi menjadi empat komoditas tambang, yaitu pertambangan mineral logam, pertambangan mineral non logam, pertambangan mineral radioaktif dan pertambangan batuan.

Sedangkan dari golongan batubara, yakni batuan aspal, bitumen padat, gambut, dan batubara.

Sementara hasil tambang yang didapatkan dari usaha pertambangan dari jenis mineral, yaitu emas dan perak hingga jenis mineral non logam seperti intan dan belerang. 

Pertambangan adalah serangkaian kegiatan penelitian, pengelolaan, dan pengolahan barang tambang. 

Pertambangan juga dapat diartikan sebagai kegiatan penggalian ke dalam tanah untuk mendapatkan barang tambang. 

Berikut adalah 3 kegiatan ekonomi pertambangan:

Baca Artikel  Temuan Harta Karun Tambang Bawah Laut Bernilai Triliunan

Pengelolaan Barang Tambang

Mengolah barang tambang menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi. Kegiatan ini meliputi eksplorasi, eksploitasi dan pengolahan barang tambang.

Distribusi Barang Tambang

Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen kepada konsumen, baik itu berupa jasa maupun barang. 

Dalam sektor pertambangan, distribusi barang tambang sangat dibutuhkan, karena produk barang tambang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Aktivitas Tambang Bawah Tanah yang Perlu Kamu Tahu!

Sehingga kegiatan ekonomi pertambangan ini sangat membantu konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka terhadap tambang tertentu.

Bisnis Alat Berat

Alat berat merupakan mesin berukuran besar yang digunakan untuk mengerjakan fungsi konstruksi, seperti pemindahan barang, pengerjaan tanah maupun penggalian lubang. 

Baca Artikel  Lokasi Bekas Tambang di Bogor Kini Jadi Wisata Menarik!

Alat berat merupakan komponen penting dalam kegiatan usaha penambangan. Bisnis alat berat adalah jual beli alat berat maupun penyewaan alat berat. Penyewaan alat berat dapat menjadi alternatif bagi perusahaan pertambangan yang baru merintis.

Dalam melakukan kegiatan ekonomi pertambangan harus diikuti dengan kegiatan pelestarian lahan pasca pertambangan. Selain penggunaan barang tambang harus dilakukan secara bijak.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer