Kamis, Juli 25, 2024
Berita TambangLokasi Bekas Tambang di Bogor Kini Jadi Wisata Menarik!

Lokasi Bekas Tambang di Bogor Kini Jadi Wisata Menarik!

Kabupaten Bogor memiliki segudang destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi, salah satunya adalah Gunung Kapur Klapanunggal yang merupakan lokasi bekas galian tambang. Lokasi tersebut menyisakan pahatan bebatuan yang eksotis menjulang tinggi, dengan landscape tidak teratur, yang malah menjadi apik. 

Gunung kapur tersebut awalnya merupakan bebukitan, namun karena keperluan pembuatan semen, gunung tersebut dipahat dengan alat berat dan bebatuan atau kapurnya dipakai untuk industri sehingga menyisakan pahatan-pahatan yang eksotis. 

Kini, setelah galian tambang kapur tersebut tak lagi digunakan, Gunung Kapur menjadi destinasi wisata alam yang ramai dikunjungi warga terutama saat hari libur. Beberapa titik bekas pahatan tampak menjulang tinggi menambah kegagahan bukit.

Baca Artikel  Menelisik Potensi Perkembangan Emas di Jawa Timur

Di salah satu sudut, terdapat kolam bekas galian tambang yang kini dimanfaatkan sebagai kolam ikan, bahkan kolam renang.

Warga setempat dan anak-anak seringkali memanfaatkan kolam tersebut untuk memancing ikan dan berenang. 

Tidak hanya menarik dengan keindahan Gunung Kapur nya, di lokasi bekas tambang di Klapanunggal, Bogor ini juga terdapat Goa Lalay dengan kedalaman sekitar 100 meter dan memiliki beberapa ruang lebar 5-10 meter. 

Goa ini terbentuk secara alami, sama seperti goa karst lain. Pengunjung ke goa ini harus menggunakan perahu karet perahu karet karena jalur masuknya tergenang air dengan kedalaman sekitar 2 meter.

Di sisi lain, destinasi wisata bekas tambang di Klapanunggal, Bogor ini memiliki air terjun unik yang turun dari atas tebing batu kapur. Meski tidak deras, tetap saja pemandangannya sangat eksotis.

Baca Artikel  Indonesia Kembangkan Teknologi LTJ untuk Persiapan Eksplorasi

Selain untuk menikmati pemandangan indah Gunung Kapur, Goa Lalay, dan air terjun, pengunjung yang datang juga memburu sunrise dan sunset.

Baca Juga : Potret Museum Tambang di Inggris! Tertarik Berkunjung?

Lokasi wisata bekas tambang ini tidak jauh dari Jakarta. Akses jalan menuju Klapanunggal, Bogor juga cukup bersahabat dengan jalan aspal dan beton. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer