Sabtu, Juli 20, 2024
MinerbaBatubaraPotret Museum Tambang di Inggris! Tertarik Berkunjung?

Potret Museum Tambang di Inggris! Tertarik Berkunjung?

The National Coal Mining Museum adalah sebuah museum tambang batubara yang berlokasi di Cap House Colliery, Inggris. Sebelumnya, museum ini diresmikan pada tahun 1988 dengan nama Museum Pertambangan Yorkshire. Museum ini dibuka dengan dana dan dukungan teknis dari British Coal.

Sebenarnya, tambang batubara ini telah ada dan digunakan sejak 1854 dan kepemilikannya pun sering berpindah tangan. Tambang batubara ini pada tahun-tahun pertamanya dimiliki oleh Sir J.L.L. Kaye, Bart hingga akhirnya pada tahun 1995, situs tambang batubara ini menjadi museum nasional bagi negara Inggris.

Pada tahun 2001, Museum ini menerima dana hibah sebesar 2 juta poundsterling dan uang tersebut digunakan untuk restorasi bangunan dan area galeri baru hingga menjadikannya museum yang menarik untuk dikunjungi. 

Baca Artikel  Ilmu Geokimia dan Manfaatnya dalam Eksplorasi Tambang

Untuk berkunjung ke The National Coal Mining Museum, pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis. Seperti namanya, museum ini akan menyajikan sejarah, budaya, dan peninggalan bekas situs pertambangan batubara. 

Ketika berkunjung ke museum ini, pengunjung juga akan disajikan dengan wisata tur sejauh 140 m yang dipandu langsung oleh para mantan pekerja tambang.

Para pengunjung akan mendapatkan pengetahuan mengenai industri pertambangan batubara. 

Di The National Coal Mining Museum, terdapat pula demonstrasi, mesin, dan diorama pertambangan yang dipamerkan.

Tidak hanya itu, bahkan museum ini juga memiliki perpustakaan dan arsip yang luas berisikan Coal News dan rincian tambang batubara dari seluruh Inggris. 

Baca Juga : ‘Sawahlunto’ Kota Tambang Batubara Tertua di Asia Tenggara

Baca Artikel  RUU Minerba Telah Sampai di Tangan Jokowi

Melihat sejarah dan menariknya museum ini, sangat menarik untuk dikunjungi bukan?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer