Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangPernah Melihat Haul Truck di Pertambangan? Berikut Fakta Menariknya..

Pernah Melihat Haul Truck di Pertambangan? Berikut Fakta Menariknya..

Truk raksasa di pertambangan atau biasa dikenal sebagai haul truck merupakan kendaraan berukuran besar yang digunakan untuk transportasi material tambang, seperti batubara, bijih, tanah, dan bahan galian lainnya.

Truk-truk tambang paling besar mampu mengangkut ratusan ton dan alat berat ini sering bekerja berpasangan dengan excavator tambang (shovel excavator) yang dapat mengisi bak dump truck raksasa hanya dalam beberapa pass.

Berikut beberapa fakta tentang haul truck di pertambangan:

  1. Ukuran dan Kapasitas

    Truk tambang memiliki ukuran yang sangat besar dan kapasitas angkut yang besar pula, dengan panjang hingga 14 meter, lebar hingga 9 meter dan tinggi hingga 7 meter. Kapasitas angkutnya mulai dari beberapa puluh ton hingga lebih dari 400 ton.
  2. Mesin Penggerak

    Haul truck digerakkan oleh mesin diesel dengan tenaga yang sangat besar. Beberapa model menggunakan tenaga listrik atau hibrida.
  3. Suspensi dan Ban

    Truk tambang dilengkapi dengan sistem suspensi yang kuat untuk menahan guncangan dan beban berat. Ban kendaraan berat ini juga didesain khusus untuk kondisi medan tambang yang berat.
  4. Pengoperasian

    Truk dikendalikan oleh sopir, namun beberapa perusahaan tambang menggunakan teknologi otonom, yaitu mandiri tanpa sopir untuk mengoperasikan mobil besar ini.
  5. Kecepatan dan Keamanan

    Dikarenakan kapasitas angkut yang besar, maka kecepatan kendaraan angkut ini lambat. Ini demi keselamatan dan memang kondisi medan yang rumit di lokasi tambang.
  6. Pemeliharaan

    Operasional yang berat dan berlangsung selama 24 jam sehari, truk ini memerlukan pemeliharaan rutin yang intensif. Perawatan ini untuk menjaga kinerja dan keandalan mobil ini.
  7. Keselamatan

    Pembatasan kecepatan, pengawasan jarak aman dan penggunaan sistem komunikasi merupakan beberapa tindakan untuk memastikan keselamatan operasional kendaraan ini.
Baca Artikel  Yuk Cari Tahu Apa Arti Reklamasi Paralel Di Sini!

Kawan tambang, haul truck di tambang memiliki peran yang sangat penting dalam proses pengangkutan material di tambang. Truk ini membantu efisiensi operasional dan memungkinkan penanganan bahan galian dengan skala yang besar.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer