Jumat, Maret 1, 2024
Berita TambangIndonesia Punya 5 Tanaman yang Mengandung Emas Lho, Penasaran Apa?

Indonesia Punya 5 Tanaman yang Mengandung Emas Lho, Penasaran Apa?

5 Tanaman Emas Indonesia

Sepertinya belum banyak masyarakat di Indonesia yang mengetahui tentang partikel logam mulia emas terkandung dalam tanaman.

Saat pertama kali orang mendengar tentang tanaman yang mampu menyimpan emas akan terkesan mustahil. Sebab biasanya tanaman itu hanya menyimpan zat gizi atau mineral yang jika dikonsumsi manusia akan menyehatkan tubuh.

Memang ada beberapa jenis tumbuhan yang mampu menyimpan logam mulia. Tumbuhan apa saja yang menyimpan logam mulia? Mungkin saja tanaman ini banyak di sekitar kita.

  1. Pohon Kayu Putih

Pohon kayu putih biasanya diolah menjadi bahan baku obat dan dijual dalam bentuk minyak. Namun pohon kayu putih ini juga mampu menyimpan partikel emas di dalam daunnya bahkan di rantingnya. Menurut penelitian, orang dapat membuat cincin logam mulia dari 500 batang pohon kayu putih.

  1. Tanaman Lembang
Baca Artikel  5 Langkah Ini Jadikan Industri Pertambangan Ramah Lingkungan

Tanaman Lembang, tumbuhan ini mirip rumput besar di rawa. Orang memerlukan 1 hektar tumbuhan lembang ini apabila ingin menghasilkan 5 hingga 7 gram emas.

  1. Tanaman Pandan

Tanaman Pandan yang menyimpan logam mulia seperti Pandanus Candelabrum. Sebutan lainnya adalah Pandan Lili, banyak tumbuh di daerah Afrika. 

  1. Kantong Monyet

Kantong Monyet banyak ditemukan di daerah Riau. Kantong monyet tumbuh liar di daerah tersebut.

  1. Cendawan Endofit

Cendawan endofit adalah tumbuhan dengan serat gelap dan mampu menyimpan kandungan emas. Cendawan endofit bisa bertahan di tempat tercemar logam berat. 

  1. Jamur Merah Muda

Jamur Merah Muda berukuran cukup besar mampu menyimpan logam mulia dan banyak tumbuh di Australia Barat.

  1. Jarak Pagar
Baca Artikel  Main ke Tambang Emas? Ini 6 Hal Menarik yang Akan Ditemukan

Jarak pagar dapat menghasilkan butiran emas murni dan mampu menyerap logam lain seperti perak, nikel dan platinum. Jarak pagar mudah ditemukan di Indonesia.

Kawan tambang, bukan hal yang mustahil jika pohon yang mampu menyimpan logam mulia tersebut, secara alami memang tumbuh di sebagian besar wilaya di Indonesia.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer