Minggu, Juni 16, 2024
Ilmu TambangIngin Performa Excavator Optimal? Ini Rahasianya!

Ingin Performa Excavator Optimal? Ini Rahasianya!

Performa excavator yang optimal tentunya akan berdampak kepada hasil kerja yang efektif. Di dalam excavator terdapat mesin yang terbuat dari lempengan logam dan besi. Material tersebut dapat mengalami korosi, yang tidak menutup kemungkinan akan terjadi kerusakan. 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ilmu Tambang (@ilmutambang.id)

Maka dari itu penting bagi kita untuk melakukan perawatan agar performa dari excavator tetap optimal. Selain itu perawatan akan mencegah kerusakan sehingga tidak perlu memakan biaya untuk memperbaiki excavator yang rusak.

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Untuk itu simak beberapa rahasia merawat excavator untuk performa optimal, yaitu:

  • Perhatikan Kebersihan dan Kualitas Oli
Baca Artikel  Bupati Paser Apresiasi Kideco Atas Bantuan Peralatan LAB

Oli berfungsi sebagai pelumas pada mesin yang memudahkan pergerakan mesin. Menggunakan oli mencegah adanya gesekan sehingga mesin berjalan dengan sempurna. Penting untuk menggunakan oli yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi jenis mesin.

Oli yang kotor disebabkan oleh intensitas penggunaan yang tinggi, maka harus diganti secara berkala. Jika tidak maka mesin akan lebih cepat panas dan berujung kepada kerusakan.

  • Perhatikan Level Oli

Pastikan level oli cukup untuk beroperasi. Oli yang berada di level rendah akan menyebabkan excavator terhambat dan dapat menimbulkan knocking atau tersendat-sendat.

  • Mengganti Saringan Air Cleaner

Air cleaner atau saringan udara merupakan salah satu komponen dari excavator. Komponen ini bertujuan untuk menyaring udara yang masuk melalui mesin agar tidak tercampur dengan debu.

Baca Artikel  Tantangan Sektor Pertambangan RI di Era Industri 4.0

Jika pada saringan udara terdapat kerusakan maka akan menyebabkan bahan bakar lebih boros, karena saringan udara berperan pada proses pembakaran mesin.

  • Pastikan Fuel Filter Tertutup dengan Kencang

Hal ini menjadi penting karena jika terdapat ruang udara dari luar maka dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Selain itu pastikan juga untuk secara rutin membuang air kotor dari endapan bahan bakar.

Baca Juga : Simak Profesi Operator Alat Berat di Industri Tambang

Tujuannya agar tidak penuh dan juga tidak menghambat kinerja mesin.

Itu dia beberapa rahasia untuk merawat excavator agar performa tetap optimal dan meningkatkan usia mesin. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pada keseluruhan excavator.

Baca Artikel  Indahnya Danau Kaolin, Biru Memikat Bekas Pertambangan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer