Jumat, Juli 19, 2024
Berita TambangIndahnya Danau Kaolin, Biru Memikat Bekas Pertambangan

Indahnya Danau Kaolin, Biru Memikat Bekas Pertambangan

Danau kaolin biru — Danau Kaolin merupakan danau dengan penampakan unik. Airnya biru meluas dikelilingi dengan bebatuan berwarna putih.

Sejauh mata memandang wisatawan takjub akan keindahan danau jernih membiru. Saking jernihnya, air danau bak cermin yang memantulkan panorama langit dan bebatuan. 

Lokasinya berada di Jl. Raya Gadung, Desa Nibung, Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Danau Kaolin merupakan saksi bisu kekayaan pertambangan di Kepulauan Bangka Belitung.

Danau Kaolin terbentuk tidak secara alami. Sesuai dengan namanya Danau Kaolin dulu penuh dengan Kaolin, salah satu jenis mineral. Karena telah ditinggalkan, alam merubahnya menjadi fenomena yang mengagumkan. 

Lanskap lubang terbengkalai terisi dengan air hujan. Air hujan bercampur dengan kandungan kaolin. Terjadilah reaksi kimia, hingga warna air genangan membiru jernih mengisi lubang tambang.

Baca Artikel  Indonesia Punya Harta Karun Bauksit 1,2 Miliar Ton!

Tak hanya biru, warna airnya juga beragam. Masyarakat setempat menyebut lubang galian tambang dengan sebutan “kolong”. 

Ada banyak kolong di bekas galian tambang. Warna biru muda mengindikasikan kolong berumur muda atau 10 tahun. Sedangkan danau berwarna hijau gelap dan coklat ialah kolong tua.

Lubang galian memiliki kedalaman yang beragam. Di lubang yang dangkal bahkan dimanfaatkan anak-anak dan warga untuk bermain air.

Baca Juga : Lubang Bekas Tambang Jadi PLTS! Emang Bisa?

Jika ingin melihat lebih dekat, orang bisa menyewa perahu kayuh. Wisatawan bisa mengelilingi birunya danau tentunya didampingi operator demi keamanan dan keselamatan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer