Senin, Mei 27, 2024
MinerbaBatubaraIni 5 Hasil Tambang yang Memiliki Banyak Manfaat, Simak Di Sini Yuk!

Ini 5 Hasil Tambang yang Memiliki Banyak Manfaat, Simak Di Sini Yuk!

Sudah menjadi rahasia umum, Indonesia merupakan negara yang memiliki hasil tambang berlimpah, mulai dari batubara, emas, nikel, perak, dan masih banyak lagi. 

Hasil tambang yang didapat itu nantinya dikelola dan memberikan keuntungan bagi negara. Belum lagi, masyarakat sekitar dan pemerintah daerah ikut merasakan hasil penambangan barang tambang berharga tersebut.

Tapi yang menjadi pertanyaan, apa saja hasil pertambangan yang paling menguntungkan dan banyak manfaatnya? Yuk simak pembahasan di bawah ini :

  1. Tambang Batubara


Tambang batubara banyak ditemukan di Indonesia. Tambang batubara tersebar dari ujung timur sampai ke ujung barat wilayah Indonesia. Batubara sangat berharga karena paling banyak digunakan untuk menghasilkan energi panas dan listrik demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Baca Artikel  5 Jurusan SMK Ini Bisa Bekerja di Pertambangan

  1. Tambang Emas


Tambang emas merupakan hasil tambang yang sangat menguntungkan. Emas adalah logam mulia yang nilainya sangat tinggi. Bahkan karena nilai ekonominya itu, emas sudah lama telah dijadikan sebagai mata uang. Lokasi terbesar tambang emas berada di Papua. 

  1. Tambang Minyak Bumi


Minyak bumi juga sangat melimpah di Indonesia. Minyak bumi merupakan salah satu kekayaan negara yang sangat menguntungkan. Tambang minyak bumi berada di beberapa daerah di Indonesia. Sumatra, seperti di Muara Enim, Riau. Jawa, seperti di Cilacap, Kalimantan seperti di Tarakan. Papua dan di beberapa wilayah lainnya.

  1. Tambang Timah


Timah merupakan hasil tambang yang sangat menguntungkan Indonesia karena dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, seperti komponen logam ringan, lapisan baja sampai pembungkus makanan. Indonesia sendiri memproduksi timah kurang lebih 300.000 ton setiap tahunnya.

Baca Artikel  Melalui Green Mining, Lingkungan Pertambangan Menjadi Lebih Terjaga

  1. Tambang Tembaga


Tambang tembaga melimpah di Indonesia dengan total produksi bisa mencapai 10,4 persen dari jumlah keseluruhan tambang yang ada di dunia. Nilai tembaga sangat tinggi dan manfaatnya banyak, seperti bahan interior, hiasan, patung monumen dan lain-lain.

Kawan tambang, kelima hasil tambang yang paling menguntungkan tersebut juga dapat diproses untuk menjadi bahan industri lanjutan. Apabila Indonesia juga mampu memprosesnya lebih lanjut dan memproduksinya sendiri menjadi barang jadi, bukan tidak mungkin cita-cita Indonesia menjadi negara industri maju akan segera terwujud.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer