Selasa, April 16, 2024
Berita TambangWajib Dijaga! Ini 5 Komoditas Tambang RI yang Paling Vital

Wajib Dijaga! Ini 5 Komoditas Tambang RI yang Paling Vital

ilmutambang.com – Indonesia dikenal dengan kekayaan sumber daya alamnya, salah satunya yaitu sumber daya tambang. Ada banyak komoditas tambang RI yang menyumbang pendapatan negara.

Paling tidak, terdapat 5 komoditas mineral tambang Indonesia yang perlu kita jaga lantaran dinilai mampu mencukupi dan menghidupi negara ini.

Penasaran sumber daya tambang apa saja yang menghidupi Indonesia selama ini? Yuk cek ulasannya di bawah: 

  1. Batubara

Indonesia memiliki cadangan batubara mencapai 26 miliar ton. Sebagian besar berada di underground, sedangkan sekitar 2 miliar ton berada di hutan lindung.

  1. Tembaga

Pada 2012 Indonesia memiliki tembaga terukur berupa besi sebanyak 6,031 miliar ton dan 32 juta ton berupa logam.

  1. Bauksit

Pada 2012 Indonesia memiliki cadangan bauksit terukur berupa biji sebanyak 340 juta ton dan berupa logam sebanyak 161 juta ton.

  1. Nikel

Pada 2012 Indonesia mempunya sumber daya berupa nikel mencapai 1,091 miliar ton dalam bentuk bijih dan 15 juta ton berupa logam.

  1. Bijih Besi

Pada 2012 Indonesia memiliki pasir besi terukur sebanyak 46 juta ton dalam bentuk bijih dan 9 juta ton dalam bentuk logam. Diperkirakan Indonesia mempunyai potensi pasir besi sebanyak 182 juta ton berupa bijih dan 63 juta ton berupa logam.

Saat ini Indonesia berencana melarang ekspor mineral mentahnya pada 12 Januari 2014 sesuai amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara.

Baca Artikel  Harga Batubara Terus Melesat, Kini Hampir Sentuh US$ 400/Ton

Namun rencana pelarangan ekspor ini mendapat tentangan dari perusahaan mineral tambang yang beroperasi di Indonesia dengan alasan akan mengakibatkan penerimaan negara turun, pemutusan tenaga kerja, mengakibatkan dua daerah akan bangkrut dan dampak lainnya lagi.

Kawan tambang lima komoditas tambang ini sangat banyak ditemukan di Indonesia dan dapat menghidupkan industri hilir, dan bahkan dapat mencukupi kebutuhan energi listrik untuk menerangi 100 persen masyarakat Indonesia.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer