Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangIni Dia Alasan Alat Berat selalu Berwarna Kuning!

Ini Dia Alasan Alat Berat selalu Berwarna Kuning!

Alat berat merupakan alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan di bidang konstruksi, sehingga dengan adanya alat ini pembangunan bisa menjadi lebih cepat dan mudah. 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ilmu Tambang (@ilmutambang.id)

 Tapi pertanyaannya, kenapa sih alat-alat berat konstruksi seperti ekskavator, roller, dan sebagainya selalu dicat dengan warna kuning? Berikut ulasannya: 

Mengutip laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), alat berat umumnya digunakan dalam pekerjaan berisiko yang tinggi dan berbahaya, seperti di area konstruksi, tambang, bahkan sampai ke pertambangan di bawah tanah.

Alasan utama mengapa warna kuning dipilih sebagai warna alat konstruksi yaitu bertujuan untuk menarik perhatian para pekerja, sekaligus sebagai simbol hati-hati saat bekerja. 

Dipilihnya warna kuning diharapkan dapat memunculkan rangsangan yang lebih efektif pada psikologi dan bawah sadar pekerja konstruksi, sehingga mereka menjadi lebih waspada pada segala macam potensi bahaya yang dapat muncul.

Selain itu warna kuning yang cerah juga membuat alat konstruksi terlihat mencolok dan lebih mudah untuk ditemukan.

Baca Artikel  Intip 3 Alat Berat Raksasa yang Biasa di Pertambangan

Selain itu, menurut penelitian psikologi warna kuning termasuk warna paling mencolok di mata lho Kawan Tambang. Dalam dunia terapi, warna kuning memberikan kesan ramah dan hangat.

Selain itu, kuning merupakan warna yang dapat mengangkat suasana hati seseorang dan dipercaya mampu menyeimbangkan pikiran dan menjaga suasana hati agar semakin riang gembira sepanjang hari.

Penelitian lain bahkan menyebut, warna kuning adalah simbol imajinasi, kepandaian, dan kebahagiaan.

Itu dia informasi mengenai alasan dipilihnya warna kuning sebagai warna untuk alat berat pada konstruksi. Ternyata pemilihan warna kuning untuk alat berat tidak sembarangan lho Kawan Tambang, punya tujuan dan makna tersendiri agar memiliki manfaat bagi para pekerja konstruksi.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer