Selasa, April 16, 2024
Berita TambangIni Kegunaan Si Gagah Bulldozer di Pertambangan!

Ini Kegunaan Si Gagah Bulldozer di Pertambangan!

ilmutambang.com – Bulldozer merupakan alat berat yang digunakan untuk penggalian, mendorong material, menarik beban, hingga meratakan atau menimbun. Alat berat Bulldozer banyak digunakan di area Pertambangan.

Pada zaman dahulu bulldozer menggunakan kabel untuk menggerakkan blade. Namun saat ini sudah menggunakan kendali hidrolik (hydraulic controlled).

Alat berat ini mirip tractor, tetapi mempunyai sejumlah kelengkapan khas dan khusus. Misalnya, blade pada bagian depan kendaraan.

Fungsi Bulldozer

Berikut ini sejumlah kegunaan Bulldozer dalam proyek di pertambangan: 

1.Membersihkan Puing Bangunan

Bulldozer biasanya digunakan untuk membersihkan puing-puing yang berserakan, misalnya akibat bangunan roboh, bencana seperti gempa bumi, tanah longsor, hingga perang. 

2. Membersihkan Sampah

Bulldozer digunakan juga untuk membuka lahan baru, yang perlu dibersihkan dari sampah, kayu, tongkak pohon sampai bebatuan.

3. Menimbun Material

Bulldozer cocok juga untuk melakukan penimbunan material. Misalnya, menimbun tanah ke tepi pantai dalam proyek reklamasi. 

4. Menghamparkan Tanah Isian

Bulldozer juga digunakan untuk menghamparkan tanah isian dalam suatu lokasi. Misalnya, dalam proyek meratakan jalan bergelombang dan memelihara jalan supaya selalu rata.

5. Membuka Jalan Baru

Bulldozer biasa berperan dalam proyek pembukaan jalan baru di daerah pegunungan atau daerah berbatuan.

6. Memindahkan Material

Alat berat ini dapat digunakan untuk memindahkan beragam material. Misalnya, tanah, pasir hingga hasil tambang.

Kawan tambang, tidak heran apabila bulldozer ditemukan di kawasan pertambangan. Alat berat ini memang digunakan untuk memindahkan material dari tempat galian ke truk pengangkut. 

Baca Artikel  Mengenal 7 Alat Berat di Tambang, Mana Jagoanmu?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer