Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangIni Segudang Manfaat Nikel untuk Kehidupan, Bisa untuk Industri Militer!

Ini Segudang Manfaat Nikel untuk Kehidupan, Bisa untuk Industri Militer!

ilmutambang.com – Pada Selasa (6/12/2022), Presiden Joko Widodo mengaku kaget bahwa banyak negara-negara di dunia itu bergantung terhadap nikel Indonesia. 

Jokowi juga menjelaskan, nikel Indonesia saat ini banyak sekali yang memburu bahkan telah menjadi primadona bagi negara asing. Kenapa demikian? Sebab nikel merupakan hasil tambang yang memiliki sejumlah manfaat bagi kehidupan manusia.

Manfaat Nikel

Tidak dapat dipungkiri, nikel telah banyak digunakan untuk mendukung kebutuhan berbagai industri. Selain dimanfaatkan untuk industri, nikel juga sangat bermanfaat untuk kebutuhan masyarakat. Penasaran apa saja? Yuk simak informasinya di bawah ini:

1. Material Produksi Baterai Isi Ulang

Tingkat kebutuhan baterai dipastikan akan terus meningkat, terlebih makin maraknya barang-barang yang hanya aktif jika dipasangkan baterai.

Baterai yang terbuat dari nikel bukan baterai biasa, melainkan baterai yang bisa diisi ulang. Salah satu contoh teknologi yang menggunakan baterai berbahan nikel adalah smartphone.

Di samping itu, beberapa kendaraan yang menggunakan bahan bakar listrik juga memilih baterai dengan material nikel. Kelebihan lainnya yaitu baterai dari nikel biasanya memiliki daya tampung baterainya yang besar.

2. Bahan Membuat Stainless Steel

Dalam pengerjaan stainless steel, nikel juga digunakan sebagai bahan gabungan karena memiliki ketahanan terhadap karat.

Sejumlah perlengkapan dapur rumah tangga pada kenyataanya banyak yang menggunakan dari nikel, antara lain sendok, garpu, wajan, dan panci.

3. Bahan Membuat Kawat

Salah satu keunggulan nikel adalah memiliki sifat anti karat. Melihat keunggulan ini, tidak salah nikel banyak digunakan untuk membuat sejumlah perlengkapan untuk rumah tangga, salah satunya campuran untuk membuat kawat.  

Selain itu, kawat yang dibuat menggunakan nikel dapat menjadi penghantar panas yang baik.

4. Bahan Membuat Uang Koin

Nikel juga digunakan sebagai bahan untuk membuat koin karena nikel memiliki bahan yang mudah untuk dibuat menjadi koin. 

Pada 2010, Bank Indonesia menggunakan nikel sebagai bahan dasar untuk uang koin pecahan Rp 1.000.

5. Peralatan Militer

Mengutip situs nikel.co.id, kekuatan yang dimiliki baja hasil olahan nikel memang sudah tidak diragukan lagi. Oleh karenanya, militer di banyak negara di dunia telah memanfaatkan nikel sebagai peralatan militer mereka.

Seperti apa saja manfaat nikel untuk industri Mliter?

Mulai dari bahan pembuatan senjata, pelapis dan kerangka kendaraan militer, hingga menjadi bahan pelindung pesawat ruang angkasa yang tahan panas matahari.i

Itu dia sederet manfaat nikel bagi kehidupan kita. Melihat banyaknya kegunaan nikel, sudah seharusnya Indonesia bisa memanfaatkan cadangan nikel Tanah Air yang cukup melimpah ini dengan semaksimal mungkin. Apabila itu terealisasikan, harapannya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Semoga informasinya bermanfaat ya Kawan! 

Baca Artikel  4 Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia, Indonesia Pertama!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer