Senin, Mei 27, 2024
MinerbaBatubaraIni Ternyata Penyebab Utama Harga Batubara Terus Anjlok!

Ini Ternyata Penyebab Utama Harga Batubara Terus Anjlok!

Harga batubara terus turun dalam beberapa hari terakhir. Pada perdagangan Selasa (7/11/2022), harga si emas hitam kontrak Desember di pasar ICE Newcastle tercatat US$ 323,5 per ton. Harga ini anjlok 3,3 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Harga tersebut juga menjadi yang terendah sejak 3 Mei 2022 atau tujuh bulan terakhir. Pelemahan harga tersebut memperpanjang tren negatif yang sudah berlangsung sejak Kamis pekan lalu. Bahkan dalam empat hari saja,  batubara sudah anjlok sampai 10,8 persen. 

Harga batubara terus anjlok sebagai dampak meningkatnya sentimen negatif dari China. Harga si pasir hitam juga tertekan oleh meredanya kekhawatiran pasokan energi di Eropa.

Seperti diketahui, kasus Covid-19 kembali meledak di China. Pada Senin (7/11/2022), China melaporkan tambahan kasus sebanyak 7.475 atau tertinggi sejak awal Mei.

Menyusul tingginya kasus akibat Covid-19, China sudah memperketat mobilitas masyarakat di lebih dari 200 kawasan permukiman yang tersebut di berbagai kota.

Mengutip Reuters, analis ekonom Hwabao, Nie Wen menyebut meningkatnya kasus Covid-19 di China membuat pelaku pasar khawatir jika Beijing akan memperluas wilayah yang dikunci. Kondisi ini bisa membuat ekonomi China makin melambat.

Melandasinya perekonomian China sudah tercermin impor batubara Negara Tirai Bambu pada periode Januari-Oktober 2022 hanya sebesar 230,1 juta. Jumlah ini anjlok 10,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.  

Baca Artikel  Pengolahan Batubara Jadi Sumber Ekonomi Baru di Kalimantan


China merupakan konsumen terbesar batubara di dunia sehingga perkembangan apapun di negara tersebut akan mempengaruhi harga global.

Harga batubara juga anjlok karena meredanya kekhawatiran mengenai pasokan energi di Eropa karena musim dingin yang akan lebih hangat serta pasokan gas yang cukup stabil sehingga tidak lagi membutuhkan batubara. 

Storage gas di Jerman sudah mencapai 99 persen dari kapasitas. Batubara merupakan sumber energi alternatif bagi gas sehingga perkembangan gas akan ikut menggerakkan harga si pasir hitam.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer