Minggu, April 21, 2024
Berita TambangIni Tips Diet Bagi Pekerja Tambang Agar Tubuh Selalu Sehat

Ini Tips Diet Bagi Pekerja Tambang Agar Tubuh Selalu Sehat

ilmutambang.com – Ini tips diet bagi pekerja tambang. Ahli gizi dan dokter kesehatan kerja mendorong perusahaan pertambangan untuk memenuhi kecukupan gizi para pekerjanya.

Selain meningkatkan derajat kesehatan, Makanan cukup gizi  juga membuat produktivitas pekerja terjaga. 

Kewajiban pemenuhan gizi kerja yang baik karyawan tambang itu telah diatur oleh Keputusan Menteri ESDM No. 1827 K/30/MEM/2018. 

Keputusan itu menyebutkan bahwa pengelolaan makanan, minuman dan gizi pekerja tambang dilakukan dengan memastikan penyediaan makanan dan minuman yang telah memenuhi syarat keamanan, kecukupan dan higienitas, sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta mempertimbangkan aspek keseimbangan gizi pekerja.

[ez-toc]

Berikut beberapa cara untuk memastikan diet yang sehat bagi para pekerja tambang. 

  • Kontrol Porsi Makan

Mempraktikkan porsi makanan seukuran kepalan tangan. Jika masih lapar, setelah beberapa waktu tambahkan sedikit lagi, tetapi hindari piring yang meluap. Makan porsi kecil 6-7 kali sehari akan memberikan jumlah asupan kalori yang sama, tetapi dengan penyebaran yang jauh lebih baik namun tubuh tetap berenergi.

  • Konsumsi Makanan yang Seimbang

Makan dengan bijaksana supaya energi meningkat cepat. Tubuh memerlukan 13 vitamin esensial dan satu-satunya cara untuk mendapatkan vitamin yang tepat adalah mengonsumsi buah-buahan, sayuran, minyak, produk susu, daging dan biji-bijian. 

  • Sarapan dengan Benar

Memulai hari kerja dengan roti isi yang sehat dan beberapa buah dengan tidak perlu mengonsumsi makanan berat dan tidak sehat secara berlebihan saat makan siang.

  • Kenali Karbohidrat 

Hingga 85 persen kalori yang terbakar dalam pekerjaan fisik berasal dari karbohidrat. Karbohidrat memberi energi selama berjam-jam.

Karbohidrat yang baik, yaitu sayuran, pisang, apel, stroberi, kacang polong, lentil, kacang merah, kacang tanah, kenari, hazelnut, kacang macadamia, biji labu, biji chia, biji-bijian seperti gandum, quinoa, beras merah, kentang rebus atau bakar dan ubi jalar.

  • Tetap Terhidrasi dengan Baik

Jumlah cairan yang dibutuhkan tubuh tergantung tipe tubuh dan kondisi lingkungan tempat pekerjaan dilakukan. Strategi yang baik untuk mengganti cairan tubuh adalah minum dalam jumlah kecil secara sering, dalam interval pendek. Air adalah pilihan terbaik dan harus menjadi minuman pilihan utama untuk hidrasi. 

Baca Artikel  Di Tambang Gaji Perempuan Lebih Besar dari Laki-laki, Minat?

Kawan tambang, selain mengatur diet yang sehat, para pekerja tambang juga harus rutin berolahraga di sela-sela shift kerja. Hal yang perlu diperhatikan juga, sebaiknya tidur yang cukup agar dapat menurunkan ketegangan atau stress saat bekerja.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer