Selasa, April 16, 2024
Ilmu TambangIntip Yuk Prospek Kerja Lulusan Prodi Pertambangan

Intip Yuk Prospek Kerja Lulusan Prodi Pertambangan

Jika kamu memang bercita-cita bekerja di dunia pertambangan, maka kamu wajib tahu dulu apa saja yang dipelajari di program studi (Prodi) pertambangan dan prospek kerja.

Teknik Pertambangan adalah salah satu cabang dari disiplin ilmu teknik yang berfokus pada pengetahuan tentang eksplorasi dan eksploitasi bahan galian atau sumber daya mineral dan batu bara.

Proses-proses pertambangan terdiri atas kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, hingga pemasaran.

Di Indonesia, bahan tambang berupa logam mulia dan batu bara sangat banyak tersimpan di dalam tanah.

Oleh karena itu, Indonesia banyak membutuhkan lulusan Teknik Pertambangan untuk dapat mengolah dan mengelola bahan tambang tersebut dengan baik.

Baca Artikel  Catat! Ini 5 Macam Tindak Pidana di Pertambangan

Beberapa mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan antara lain: Geologi Dasar, Geofisika, Matematika, Teknik Fisika, Teknik Kristalografi dan Mineralogi, Komputasi Tambang, Teknik Eksplorasi, Mekanika, Teknik, Ekonomi Mineral, Metalurgi Umum, Teknik Reservoir dan Pengolahan Mineral.

Prospek kerja jurusan Teknik Pertambangan Kuliah di jurusan Teknik Pertambangan ini bisa jadi stepping stone untuk mengenal dunia pertambangan dengan lebih menyeluruh dan berkarir di dunia pertambangan.

Lulusan Teknik Pertambangan bisa berkarir di industri tembaga, batu bara, emas, timah, besi, nikel, dan lain sebagainya.

Jurusan ini juga banyak diminati karena lulusannya memiliki prospek kerja yang menjanjikan dengan gaji besar.

Umumnya, pendapatan untuk karyawan entry level di industri pertambangan, bisa mencapai hingga lebih dari Rp 110 juta per tahunnya. Namun, jumlah tersebut tentunya tetap tergantung dari kemampuan dan pengalaman.

Baca Artikel  INDY Mantapkan Langkah untuk Kembangkan Bisnis Non Batubara

Selain itu, lulusan Teknik Pertambangan juga bisa berkarir di industri lainnya, seperti semen, maupun pembangkit listrik, industri alat berat.

Baca Juga: Sianida, Awalnya Digunakan di Tambang Hingga Alat Genosida

Atau bisa juga berkarir di Kementerian ESDM sebagai inspektur, analis eksplorasi dan eksploitasi, analis pengembangan infrastruktur, serta analis ketenagalistrikan.

Kemudian, lulusan Teknik Pertambangan juga bisa berkarir di bidang sains dan penelitian sebagai peneliti maupun akademisi.

Beberapa keterampilan yang wajib dimiliki sebelum masuk jurusan Teknik Pertambangan antara lain yakni kemampuan observasi, ketekunan dan ketelitian yang tinggi, kemampuan problem-solving yang baik.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer