Senin, April 15, 2024
Berita TambangJenis Pompa Tambang yang Mesti Kamu Ketahui

Jenis Pompa Tambang yang Mesti Kamu Ketahui

Di industri pertambangan, alat penunjang operasi seperti jenis pompa tambang menjadi salah satu hal yang perlu diketahui, mengingat alat ini diibaratkan sebagai media yang menjaga front kerjaan agar kegiatan tambang berjalan dengan sebaik mungkin.

Adapun sistem kerja cara yang bisa dilakukan melalui pompa yaitu, mengalirkan air yang terdapat pada bagian tampungan air tambang atau sump ke sungai supaya tidak mengganggu ketika penambangan sedang beroperasi.

Untuk diketahui, air di dalam tampungan tersebut adalah air yang dihasilkan dari penambangan bercampur pada air hujan. Dalam penambangan pada setiap penggaliannya nantinya dapat menghasilkan air, kemudian dialirkan maupun ditampung pada sump yang dialirkan di bagian sungai. 

Baca Artikel  Sawahlunto, Bekas Tambang Batubara Menjadi Museum Pendidikan

Biasanya terdapat dua jenis pompa tambang yang bisa ditemukan di daerah tambang. Berikut rinciannya.

Baca Juga : Ingin Bekerja di Tambang? 3 Pertimbangan Ini Wajib Diketahui

  1. Pompa Tambang Non Submersible

Pompa tambang non submersible adalah jenis pompa yang terdapat di atas ponton atau darat. di mana pada kapasitas yang dimiliki pompa tambang ini akan tergolong lebih tinggi. Hal ini dikarenakan pompa dapat memindahkan air dari debit yang jauh lebih besar. Selain itu, itu pompa jenis ini juga dapat digerakan dengan dua jenis yaitu, melalui electric dan solar.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer