Selasa, April 16, 2024
Berita Tambang5 Jurusan Kuliah Ini Berpotensi Besar Kerja di Industri Pertambangan

5 Jurusan Kuliah Ini Berpotensi Besar Kerja di Industri Pertambangan

ilmutambang.com – Industri pertambangan merupakan magnet bagi mereka yang mencari peluang karir yang menjanjikan. Tawaran penghasilan yang tinggi dan peluang pertumbuhan yang besar, industri ini membuka banyak peluang bagi para lulusan dengan keahlian tertentu.

Beberapa jurusan kuliah tertentu tersebut dapat memberi peluang lebih besar untuk menangkap tawaran berkarir di industri pertambangan.

Jurusan Kuliah di Industri Pertambangan

Berikut enam jurusan kuliah yang sangat dibutuhkan oleh industri pertambangan:

  1. Teknik Perminyakan

Jurusan ini mengajarkan tentang bagaimana mengeksplorasi dan mengembangkan teknologi untuk mengekstraksi minyak dan gas bumi secara efisien. Ahli teknik perminyakan diperlukan untuk mengelola dan meningkatkan proses produksi minyak dan gas, serta memastikan keberlanjutan dan efisiensi operasional tambang.

  1. Teknik Pertambangan

Jurusan Teknik Pertambangan mengajarkan fondasi untuk memahami proses-proses pertambangan, dari eksplorasi hingga ekstraksi. Teknik pertambangan memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana mengekstraksi sumber daya mineral dengan efisien dan ekonomis, serta mempertimbangkan sisi keselamatan dan keberlanjutan.

  1. Teknik Geologi

Teknik Geologi memberikan pengetahuan tentang formasi geologis dan komposisi tanah sangat berharga. Ahli Teknik geologi akan membuat pemetaan dan interpretasi struktur bumi, memandu keputusan lokasi penambangan dan membantu mengidentifikasi potensi deposito mineral.

  1. Teknik Sipil

Teknik Sipil mempelajari cara membangun infrastruktur pertambangan, dan merancang serta mengelola fasilitas penanganan limbah dan rehabilitasi lahan bekas tambang. Ahli Teknik Sipil diperlukan untuk memastikan infrastruktur di sekitar lokasi pertambangan beroperasi dengan efisien dan aman.

  1. Teknik Lingkungan

Lulusan Teknik Lingkungan dapat membantu industri mengelola dampak lingkungan secara seimbang dengan cara menerapkan praktik-praktik berkelanjutan. Ahli Teknik Lingkungan memainkan peran kunci untuk memastikan bahwa kegiatan pertambangan dilakukan dengan meminimalkan dampak negatif ke lingkungan hidup.

Baca Artikel  Berkat Bantuan PT Kideco, Bakpia Sari Berkah 99 Tembus Pasar Nasional

Kawan tambang, industri pertambangan sangat memerlukan keahlian enam lulusan jurusan tersebut. Mereka juga menawarkan gaji tinggi, karir dan fasilitas yang berkualitas bagi para pekerjanya. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer