Senin, April 15, 2024
MinerbaBatubaraJurusan Teknik Mesin Ternyata Bisa Kerja di Pertambangan Lho...

Jurusan Teknik Mesin Ternyata Bisa Kerja di Pertambangan Lho…

ilmutambang.com – Tidak dapat dipungkiri, jurusan kuliah Teknik Mesin termasuk salah satu jurusan favorit di kelompok Saintek.

Bagi Kawan Tambang yang saat ini tengah duduk di bangku SMA dan tertarik masuk jurusan teknik mesin, sebaiknya perlu mengetahui prospek kerja setelah lulus nanti. Salah satu hal yang paling menggiurkan prospek kerja dari jurusan ini yaitu, kamu ternyata bisa bekerja di industri pertambangan lho. 

Tertarik? Ini Kampus Pertambangan Terbaik di Dunia

Perlu diketahui, dalam industri pertambangan peran teknik mesin sangat besar, yakni di bagian perawatan dan pemeliharaan mesin.

Baik itu mesin alat berat, mesin genset atau penerangan arus listrik, mesin pompa air, mesin kendaraan angkut hingga pada pemeliharaan crusher pemecah batubara.

Lulusan Teknik Mesin sangan cocok di dunia pertambangan.

Untuk itu lulusan teknik mesin sangat diperlukan. Skill atau kemampuan yang dimiliki alumni jurusan ini bisa bermanfaat di dunia pertambangan.

Jurusan teknik mesin memiliki peran dan bidang bidang pekerjaannya seperti teknisi mesin, mandor maintenance, supervisor maintenance dan superintendent maintenance (setara manager). 

Sedangkan peran teknik mesin pada bagian perencanaan ada beberapa posisi yang ditempati yaitu: pada bagian planner, pada bagian mekanikal engineering hingga manager engineering.

Sudah menjadi rahasia umum, bekerja di pertambangan merupakan pekerjaan yang bergengsi dan berkelas dan memiliki gaji cukup tinggi. 

Di industri pertambangan, skill dari dari alumni jurusan teknik mesin sangat dibutuhkan di bidang ini. 

Kenapa demikian? Sebab semua mesin-mesin operasional pada pertambangan batubara di tangani dan dikendalikan oleh bagian atau departemen teknik mesin. Pemberian rekomendasi kelayakan maupun tidaknya sebuah alat harus melalui rekomendasi dari teknik mesin. 

Sebagai seorang pekerja lapangan yang penuh tantangan dan resiko tinggi, tidak heran membuat gaji seorang alumni teknik mesin itu besar, bahkan dapat mengalahkan gaji di kantoran.

Bahkan gaji seorang helper atau pembantu mekanik saja bisa mencapai 4,5 juta hingga 6 juta perbulan lho. Jadi bisa dibayangkan, berapa gaji seorang mandor maintenance hingga gaji seorang superintendent maintenance, bisa sampai puluhan juta per-bulannya. 

Setelah melihat prospek kerja yang cukup menjanjikan, Kawan Tambang yang kini mengambil jurusan Teknik Mesin tertarik bekerja di pertambangan gak nih? 

Baca Artikel  Deretan Kampus ‘Top’ untuk Kuliah Prodi Teknik Pertambangan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer