Kamis, April 18, 2024
Ilmu TambangDeretan Kampus ‘Top’ untuk Kuliah Prodi Teknik Pertambangan

Deretan Kampus ‘Top’ untuk Kuliah Prodi Teknik Pertambangan

Program studi (prodi) Teknik Pertambangan merupakan cabang dari ilmu teknik yang berfokus pada eksplorasi bahan galian atau sumber daya mineral seperti batubara, emas, perak, alumunium dan besi. 

Bidang studi ini akan fokus mempelajari proses pertambangan yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai dengan pemasaran hasil tambang. 

Lulusan dari jurusan ini berpeluang untuk bekerja di berbagai perusahaan pertambangan instansi pemerintah maupun swasta seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), PT Pertamina, PT Kideco Jaya Agung dan PT Aneka Tambang Tbk. 

Mengutip Data Akreditasi Resmi, berikut kampus yang memiliki jurusan Teknik Pertambangan dengan Akreditasi A di Indonesia: 

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Baca Artikel  Bekas Tambang Emas, Kota Ini Minta Tolong Dijagain..

Teknik Pertambangan ITB berada di dalam Fakultas Pertambangan dan Perminyakan (FTTM). Jurusan Teknik Pertambangan di ITB dibagi menjadi dua, yaitu Tambang Eksplorasi dan Tambang Umum. 

Tambang Eksplorasi fokus ke arah teknisi eksplorasi tambang dengan menekankan pengetahuan pada eksplorasi sumber daya bumi. Sedangkan Tambang Umum ke arah teknisi pertambangan dengan menekankan pada ekskavasi mineral batubara baik di permukaan maupun bawah tanah.

  1. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN)

Jurusan Teknik Pertambangan UPN Yogyakarta berada di dalam Fakultas Teknologi Mineral (FTM) bersama 6 jurusan lainnya yaitu, Teknik Geologi, Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, Teknik Lingkungan, Teknik Metalurgi dan Teknik Geomatika.

Menariknya, ketika kamu memilih jurusan pertambangan di kampus ini tidak perlu pusing mencari perusahaan yang akan menerima mu sebagai mahasiswa magang. UPN telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan pertambangan untuk menyediakan praktek kerja mahasiswa. 

Baca Artikel  Mengenal “Dana Ketahanan Cadangan” Dalam Pertambangan

Baca Juga : Ketahui 5 Syarat dalam Menentukan Lokasi Pertambangan

Selain dua kampus di atas, terdapat beberapa kampus yang memiliki Teknik Pertambangan dengan Akreditasi Baik (B), yang juga menjadi incaran para calon mahasiswa yang tertarik di bidang pertambangan. Berikut rinciannya: 

  1. Universitas Sriwijaya
  2. Universitas Hasanuddin
  3. Universitas Trisakti
  4. Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  5. Universitas Muslim Indonesia
  6. Universitas Teknologi Adhi Tama Surabaya
  7. Universitas Pejuang Republik Indonesia
  8. Universitas Syiah Kuala
  9. Universitas Islam Bandung
  10. Universitas Negeri Padang
  11. Sekolah Tinggi Teknologi Nasional
  12. Universitas Cenderawasih

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer