Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangKadar Emas 375 dalam Perhiasan, Apa Artinya?

Kadar Emas 375 dalam Perhiasan, Apa Artinya?

ilmutambang.com – Sudah menjadi rahasia umum bahwa emas berfungsi sebagai instrumen investasi, baik untuk disimpan dan dipakai sebagai perhiasan. Perhiasan emas yang beredar di pasaran saat ini memiliki kadar emas 375 atau setara dengan 9 karat. 

Berbagai jenis perhiasan mengandung kadar tertentu, tergantung dari berapa banyak kandungan logam emas murni di dalamnya. 

Kandungan tersebut merupakan jumlah karat atau kadar pada perhiasan yang akan mempengaruhi harganya. Kadar logam emas yang kerap diburu di Indonesia adalah emas 24 karat. 

Namun untuk mendapatkan perhiasan emas yang awet, dibutuhkan campuran berbagai bahan lainnya seperti tembaga, perak dan logam jenis lain. Kadar emas perhiasan di Indonesia beragam, mulai dari kadar emas 375 logam mulia sampai di bawah 50%. 

rekomendasi emas 375
Rekomendasi emas 375. (theaurumlab.com)

Untuk menguji kemurnian kadar emas pada perhiasan dapat dilakukan melalui beberapa cara, yaitu:

  • Melalui menggosokan dengan batu dan menambahkan beberapa cairan kimia, seperti asam nitrat, asam klorida dan air raja yang merupakan campuran keduanya.
  • Menggunakan gold tester yang akan memberikan informasi tentang kadar emas lebih cepat. Dengan menempelkan ujung jarum ke perhiasan tersebut. Namun, ini hanya memeriksa bagian luar saja.

Selain kadar emas 375, ada juga variasi emas putih dan emas merah. Emas putih memiliki kandungan nikel, mangan, timah dan seng. Sementara emas merah terdiri dari campuran tembaga. Keduanya memiliki tampilan yang berbeda dan menempati pasaran selera masing-masing.

Perhiasan Emas
Ilustrasi perhiasan emas. /PEXELS/The Glorious Studio

Kadar 375 termasuk golongan emas muda bersamaan dengan beberapa karat perhiasan, seperti LM 3.6 karat, 7.2 karat, 7.9 karat, 9.9 karat dan 10.08 karat. Sementara golongan emas tua kadarnya lebih dari 42%, seperti LM 14.04 karat, 16.8 karat, 19.992 karat dan 21-24 karat.

Cara paling mudah untuk membedakan antara emas tua dan muda adalah melihat dari rentang harganya. Emas muda cenderung lebih murah karena kandungannya lebih sedikit dibandingkan dengan emas tua. 

Kawan tambang, membeli berbagai macam perhiasan emas dapat dilakukan di tempat terpercaya. Perhiasan dengan kadar emas 375 saat ini mudah ditemukan dan dapat diuji dengan alat yang canggih.

Baca Artikel  Amazing! 5 Masjid Berlapis Emas Tercantik di Dunia

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer