Jumat, Juni 14, 2024
Berita TambangKadin: Sektor Pertambangan Indonesia Masih Menarik Bagi Investor

Kadin: Sektor Pertambangan Indonesia Masih Menarik Bagi Investor

ilmutambang.com – Ketua Komite Minerba Kadin Indonesia, Arya Rizqi Darsono mengatakan potensi pertumbuhan sektor pertambangan Indonesia masih sangat menarik bagi investor. Terbukti realisasi volume produksi batubara pada 2022 mencapai 685 juta ton atau lebih tinggi dibandingkan target sebesar 663 juta ton

Jumlah tersebut telah melampaui target untuk penerimaan negara dan telah meningkatkan lapangan pekerjaan. Tambang menghasilkan pendapatan besar di sisi ekspor, karena barang tambang sangat laku di pasar ekspor, juga untuk PDB, tambang memberi kontribusi sebesar 4,70%.

Misalnya, harga batubara saat ini masih mencapai US$ 90/ton atau setara Rp 1,3 jutaan, naik dari US$ 50/ton atau Rp 723.000. Selain itu, nikel dari US$ 12.000/ton (setara Rp 173,6 jutaan), naik menjadi US$ 16.000 (Rp 231,5 jutaan) per ton.

Potensi mineral Indonesia menduduki posisi terbaik dalam mineral potential index. Timah terbesar, tembaga nomor 2, nikel nomor 3, maka dari itu Indonesia merupakan salah satu penghasil tambang terbesar di dunia.

Baca Artikel  Kideco Jaya Agung Lagi Buka Loker 1 Posisi, Yuk Cek Persyaratannya!

Untuk itu pemerintah akan memberi penugasan kepada para pelaku usaha pertambangan untuk mengeksplorasi supaya menemukan cadangan-cadangan baru, baik dari seluruh komoditas, batubara, nikel, bauksit dan lain-lain.

Dari sisi pengolahan, pemerintah juga telah menetapkan peraturan mengenai proses meninggikan kadar bahan galian yang harus dilakukan di dalam negeri oleh perusahaan pertambangan. Ini tentu akan membuka peluang investasi yang besar dan lapangan kerja yang luas.

Kawan tambang, potensi tambang Indonesia masih sangat bagus. Meskipun net zero emission pada 2050, sementara sekarang masih 2023. Waktu masih panjang untuk memaksimalkan produksi industri pertambangan tersebut.

Baca Artikel  Menelisik Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja di Tambang

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer