Minggu, April 21, 2024
Ilmu TambangKamu Geologist? 7 Posisi Cocok Untukmu di Pertambangan

Kamu Geologist? 7 Posisi Cocok Untukmu di Pertambangan

Keahlian geologist sangat penting dalam dunia pertambangan. Namun tidak banyak yang mengetahui beberapa posisi geologist dalam usaha pertambangan. Posisi seorang geologist tentu memiliki peran penting dalam dunia pertambangan. 

Berikut beberapa posisi yang ditempati seorang geologist pada perusahaan pertambangan.

  1. Admin (database geologist)

Geologist database bertugas menginput semua data yang berkaitan sebagai hasil dari eksplorasi untuk kemudian digunakan selanjutnya.

  1. Quality Control

Quality control bertanggung jawab dalam memonitori serta melakukan pengawasan kualitas barang tambang mulai dari data forecast awal tambang hingga proses pengapalan.

  1. Pengawas Tambang

Pengawas tambang adalah pengawas keberlangsungan kegiatan pertambangan yang membawahi secara langsung para karyawan tingkat pelaksana pada ruang lingkup tambang. 

  1. HSE/ K3 (Safety Man)
Baca Artikel  Perusahaan Tambang ESG Lebih Unggul di Puncak Pandemi

Seorang safety man bertugas mengidentifikasi serta memetakan potensi potensi bahaya yang mungkin terjadi pada lingkungan tambang, baik itu aspek ruang lingkup kerja ataupun pegawai. 

Selain itu mampu untuk menyusun rencana program keselamatan dan kesehatan kerja. Apabila terjadi insiden, mampu mengevaluasi serta mencari akar permasalahan termasuk tindakan preventif dan korektif yang diambil.

  1. Business and Development

Tugas business dan development (BD) adalah memahami secara garis besar gambaran perusahaan serta kegiatan pertambangan yang dilakukan di perusahaan dan mewakili perusahaan di customer. 

Seorang BD harus mampu menjadi penyediaan informasi perusahaan dengan komunikasi yang baik dan mampu menganalisa forecasting bisnis pertambangan yang ada.

  1. Geologist Resource and Modeling
Baca Artikel  Top Global! Cadangan Nikel Indonesia 72 Juta Ton

Seorang mine planner bertugas memodelkan serta menganalisa jumlah cadangan yang tersimpan pada suatu wilayah tambang dan menganalisa model bukaan tambang yang lebih efisien serta mampu menghindari insiden tambang. 

Baca Juga: Yeay Berkat Indonesia, Harga Batubara Kembali Melesat..

Berikut skill yang harus dimiliki seorang Geologist Resource and Modeling: 

  • Mampu dalam menganalisa data geology wilayah tambang dan dikembangkan menjadi model rencana tambang.  
  • Mengevaluasi perkembangan tambang mulai dari data geologi, data reserve, data produksi hingga data pengapalan.
  1. Kepala Teknik Tambang

Kepala teknik tambang bertanggung jawab sebagai pemimpin untuk terlaksananya operasional pertambangan yang sesuai dengan kaidah teknik pertambangan yang baik. 

Berikut skill yang harus dimiliki seorang  Kepala Teknik Tambang:

  • Mampu menyusun dokumen pelaporan kepada instansi instansi yang bersinggungan dalam ruang lingkup pertambangan. 
  • Mampu membuat peraturan internal perusahaan, selain itu juga mampu untuk menyampaikan hasil audit internal penerapan sistem manajemen keselamatan pertambangan.
Baca Artikel  Pupuk Batu Bara Tingkatkan Produktivitas Pertanian 43 Persen

Seorang geologist yang ingin masuk dalam usaha pertambangan kiranya mulai dapat mempersiapkan diri berdasarkan informasi tersebut.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer