Selasa, April 16, 2024
Berita TambangKapan Sih Waktu yang Tepat untuk Penggantian Alat Berat?

Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Penggantian Alat Berat?

ilmutambang.com – Penggantian alat berat pertambangan merupakan proses penggantian alat berat yang telah digunakan dalam kegiatan pertambangan dengan alat berat yang baru dan lebih canggih. 

Alat berat seperti ekskavator, bulldozer, dump truck, loader, dan sejenisnya untuk penggalian, pengangkutan dan pengolahan material di lokasi tambang.

Keputusan untuk melakukan penggantian alat berat harus didasarkan pada pertimbangan matang karena melibatkan investasi yang besar dan dampak kepada lingkungan.

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan perusahaan saat akan melakukan penggantian alat berat, antara lain:

  1. Penurunan Performa

Efisiensi produksi alat berat menurun biasanya disebabkan oleh usia alat berat yang sudah tua. Alat berat tua umumnya memiliki teknologi kuno dan dan boros bahan bakar. 

  1. Perubahan Lingkungan Kerja
Baca Artikel  Pemanfaatan Batubara untuk Dalam Negeri Terus Didorong

Perubahan wilayah operasi dan metode penambangan menyebabkan beberapa alat berat tidak cocok digunakan lagi. Oleh sebab itu harus dilakukan penggantian atau penyesuaian alat sesuai dengan metode penambangan terbaru dan lingkungan kerjanya.

  1. Kemajuan Teknologi

Perkembangan teknologi canggih terbaru akan menawarkan berbagai macam keunggulan, mulai dari produktivitas, bahan bakar ramah lingkungan dan sebagainya. Sehingga perusahaan perlu melakukan penggantian demi kelancaran dan efisiensi operasional.

  1. Biaya Replacement

Tiap perusahaan memiliki acuan perhitungan budgeting atau opportunity cost dalam menentukan apakah alat berat akan diganti atau diperbaiki. Keputusan akan diambil berdasarkan perhitungan yang paling ekonomis untuk perusahaan.

Kawan tambang, tujuan penggantian alat berat tidak lain adalah untuk menyediakan peralatan berat yang mutakhir, sesuai dengan perkembangan teknologi dan metode serta lingkungan kerja tambang, supaya kegiatan produksi aman, efektif dan efisien. 

Baca Artikel  Perkenalkan Minecraft, Game Edukasi Tambang Seru dan Asyik

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer