Minggu, April 21, 2024
MinerbaBatubaraKehadiran Batubara Berikan Manfaat Bagi Kehidupan Kita

Kehadiran Batubara Berikan Manfaat Bagi Kehidupan Kita

Kehadiran batubara berikan manfaat bagi kehidupan – Indonesia merupakan produsen dan eksportir batubara thermal terbesar di dunia.

Pada tahun 2020, total keseluruhan sumber daya batubara di Indonesia mencapai 143,73 miliar ton dengan cadangan 38,81 miliar ton.

Batubara merupakan komoditas tambang Indonesia yang paling vital. Salah satu bentuk pemanfaatan batubara bagi kehidupan kita sehari-hari adalah sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik yang biasa kita konsumsi.

Konsumsi batubara dalam negeri pada tahun 2020 mencapai 121,89 juta ton dengan penggunaan terbesar untuk menyuplai Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Saat ini, total ada 237 PLTU batubara di Indonesia dengan rincian sebanyak 31 persen berada di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

Baca Artikel  IKN Nusantara Dikelilingi SDA Fantastis, Ada Batubara?

Kemudian Sumatera ada 25 persen, Sulawesi 17 persen, Maluku 2 persen, dan Papua 1 persen.

Total kapasitas terpasang PLTU batubara sebesar 34,6 Giga Watt. Penggunaan batubara sebesar 98,9 juta ton dengan potensi Fly Ash and Bottom Ash (FABA) sebanyak 9,89 juta ton, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Negara-negara dengan Cadangan Emas Terbesar, Ada Indonesia?

Ketersediaan sumber daya alam batubara yang demikian besar dapat memberikan keuntungan tersendiri, terlebih jika mineral mentah diolah sendiri di dalam negeri.

Maka dari itu, sejalan dengan prinsip tersebut pemerintah saat ini tengah berusaha menggenjot gasifikasi agar batubara bisa memiliki nilai lebih.

Oleh sebab itu, kehadiran batu bara masih sangat dibutuhkan di Indonesia, mengingat bahan bakar fosil ini menyediakan banyak sekali manfaat bagi manusia.

Baca Artikel  Imbas Konflik Rusia-Ukraina, Eropa Pesan Batubara Indonesia

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer