Selasa, April 16, 2024
Berita TambangKeindahan Arboretum Bukit Daun, Wisata Bekas Tambang Kapur di Tuban

Keindahan Arboretum Bukit Daun, Wisata Bekas Tambang Kapur di Tuban

ilmutambang.com – Tempat wisata taman Bukit Daun di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, kini populer di kalangan wisatawan. Lokasinya 18 kilometer dari Kota Tuban atau membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan.

Tempat wisata ini merupakan reklamasi lahan yang dilakukan PT Semen Indonesia bekas tambang tanah liat, batu kapur, pasir silika dan bahan tambang lainnya. Perusahaan tersebut melakukan reklamasi 20 hektar per tahun. Secara keseluruhan hingga 2017, telah reklamasi 187 hektar.

Arboretum ini diberi nama Bukit Daun karena taman seluas 1.000 meter persegi ini berbentuk mirip daun yang berada di ketinggian. Bukit daun merupakan arboretum (tempat tanaman/tumbuhan tumbuh) berada di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Berjarak 18 km dari Kota Tuban atau membutuhkan waktu sekitar setengah jam perjalanan darat.

Wisata Bekas Tambang Kapur. Foto: travelingyuk.com
Wisata Bekas Tambang Kapur

Taman Bukit Daun mulai dibangun akhir Desember 2016 dan selesai pada Januari 2018. Taman ini memiliki 10 tanaman langka, seperti kawista, damar, gaharu, ulin, duwet, kurma dan tanaman jenis obat yang khusus ditanam di lahan tersebut.

Bukit Daun telah menjadi tujuan wisata baru bagi masyarakat. Beberapa fasilitas umum juga telah dibangun, di antaranya tempat parkir dan toilet. Juga disediakan spot foto yang menarik.

Baca Artikel  Berkat Bantuan PT Kideco, Bakpia Sari Berkah 99 Tembus Pasar Nasional

Taman ini dibuka setiap hari pada jam tertentu. Hari Senin-Jumat pukul 15.00-17.00 WIB. Sedangkan pada Sabtu dan Minggu pukul 08.00-17.00 WIB.

PT Semen Gresik selain melakukan reklamasi terhadap lahan pascatambang batu kapur menjadi hutan hijau. Juga lahan pascatambang tanah liat menjadi embung penampung air yang difungsikan untuk budidaya ikan dan pengairan lahan pertanian masyarakat sekitar.

Perlu Kawan tambang ketahui, hingga 2017 PT Semen Indonesia telah melakukan reklamasi lahan pascatambang batu kapur seluas 187,66 hektar dengan jumlah pohon sebanyak 187.935 batang. Sementara lahan pascatambang tanah liat seluas 67,04 Ha, dengan jumlah pohon sekitar 109.932 batang.

Baca Artikel  Reklamasi dan Restorasi, Dua Kegiatan Wajib Setelah Penambangan Selesai

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer