Minggu, April 14, 2024
Berita TambangKetahui Manfaat Pertambangan dan Cara Mengelolanya Di Sini!

Ketahui Manfaat Pertambangan dan Cara Mengelolanya Di Sini!

ilmutambang.com – Manfaat tambang dan bagaimana cara mengelolahnya? Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya hasil tambang. Hal itu karena letak Indonesia secara geografis berada di antara lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik. 

Lempeng-lempeng itu terbentuk dari lempengan muda yang letaknya berada di daerah cincin api. Tumbukan lempeng tersebut membuat kandungan minyak bumi, gas, serta logam-logam berharga melimpah di dalamnya.

Tak heran jika di Indonesia terdapat beraneka macam hasil tambang misalnya Minyak Bumi, Timah, Batubara, Gas, Emas, Aluminium, Besi, Baja, Pasir, dan masih banyak lainnya. 

Manfaat apa saja yang diberikan dari kegiatan pertambangan beragam hasil tambang tersebut:

A. Bebas Biaya Impor

Manfaat bebas biaya impor cukup penting dalam perekonomian Indonesia. Karena dengan menggunakan hasil tambang sendiri, Indonesia tidak perlu impor bahan tambang dari negara lain.

Industri pertambangan membuat masyarakat sekitar dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan bahan baku yang tersedia di dalam negerinya sendiri. Hal ini dapat menstabilkan persentase ekspor dengan menekan biaya impor hasil tambang dan membiasakan warga Indonesia untuk mencintai produk dalam negeri.

B. Sumber Lapangan Pekerjaan

Pertambangan adalah industri yang menyerap banyak tenaga kerja dengan berbagai kualifikasi, dari tingkatan dasar, menengah, sampai ahli. 

Melalui kegiatan pertambangan, pengetahuan masyarakat di sekitar kawasan pertambangan dapat bertambah. Dengan itu mereka berani memulai usaha, misalnya toko kelontong, laundry, warung makan, dan lain sebagainya. Terbukanya lapangan kerja tersebut ikut menekan angka kejahatan karena faktor ekonomi.

Baca Artikel  7 Area Bekas Tambang Kini Jadi Wisata Instagramable!

C. Meningkatkan Pendapatan Negara Maupun Daerah

Hasil pertambangan telah memberikan devisa yang besar bagi negara dan dampak positif bagi perekonomian di wilayah sekitar lokasi pertambangan.

D. Transportasi dan Komunikasi Menjadi Semakin Maju

Transportasi dan komunikasi menjadi semakin maju dan dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian Indonesia. Karena pada umumnya, pertambangan dilakukan di daerah terpencil. Daerah terpencil ini sangat minim akses transportasi dan komunikasi.

E. Meningkatkan Kesadaran Guna Menjaga Lingkungan

Kesadaran untuk menjaga lingkungan meningkat, karena kegiatan pertambangan telah membuat lingkungan di sekitar pertambangan menjadi tercemar. Pencemaran itu membuat warga sekitar daerah pertambangan menjadi lebih peduli dan terdorong untuk melakukan penghijauan lingkungan.

F. Mengelola Sumber Daya Alam 

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang akan habis apabila digunakan secara terus menerus. Misalnya minyak bumi, batubara, gas alam, emas, besi, perak, dan beberapa bahan tambang lainnya.

Oleh sebab itu perlu upaya untuk mengelola sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ini. Berikut beberapa cara untuk mengelola sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui di antaranya sebagai berikut:

  • Melakukan penghematan pemakaian bahan tambang.
  • Mengekspor tambang berupa barang jadi atau bahan baku, bukan bahan mentah.
  • Membuat sebuah inovasi bahan alternatif atau pengganti, supaya tidak terlalu bergantung kepada satu sumber daya saja.

Kawan tambang, industri tambang bermanfaat meningkatkan pendapatan negara dan daerah, meningkatkan kesadaran pelestarian lingkungan, membuka lapangan pekerjaan, kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi, serta bebas biaya impor. 

Setelah itu perlu kesadaran bagaimana cara mengelola sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui secara terencana. 

Baca Artikel  Akibat Covid-19 Produksi Batubara RI 2020 Anjlok

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer