Minggu, Februari 25, 2024
MinerbaBatubaraKisah Pekerja Tambang Bosnia, Berpuasa di Bawah Tanah...

Kisah Pekerja Tambang Bosnia, Berpuasa di Bawah Tanah…

Kisah Pekerja Tambang – Sekelompok pria Muslim bekerja berjam-jam selama bulan suci Ramadan di tambang batubara berada jauh di bawah tanah di pusat kota Zenica, Bosnia.

Saat waktu kerja tiba, mereka berkumpul untuk absen di depan lift yang membawa semua pekerja ke terowongan tambang bawah tanah.

Mereka membawa kantong plastik transparan yang berisi makanan sederhana untuk berbuka puasa 500 meter di bawah permukaan tanah.

Selama berpuasa mereka tidak dapat melihat matahari terbenam, tetapi merujuk jam tangan dan ponsel mereka untuk mengetahui waktu yang tepat berbuka puasa bersama.

Setelah berbuka, salah satu penambang mengumandangkan azan, lalu mereka membagi diri menjadi dua atau tiga shaf untuk shalat magrib. Kemudian mereka kembali ke pekerjaan yang sulit dan berbahaya itu.

Baca Artikel  Presdir INDY Blak-blakan Soal Tantangan Hilirisasi Batubara

Baca Juga: Simak Kisah Pekerja Tambang yang Mendulang Emas

Karena wilayah itu dilanda konflik etnis pada tahun 1990-an. Tambang batubara Bosnia, termasuk yang ada di Zenica ini, tidak begitu dirawat dan hampir tidak ada modernisasi dan investasi.

Pada tahun 2014, beberapa terowongan tambang runtuh. Fuad Hadzic dan 33 penambang lainnya, terjebak di bawah tanah selama berjam-jam termasuk lima tewas.

Namun Fuad Hadzic percaya bahwa Allah SWT melindunginya, sehingga selamat dari peristiwa maut yang justru memperkuat keyakinannya. Dan di saat-saat paling berbahaya dalam hidupnya, yang selalu memberinya kekuatan untuk menjalankan agamanya.

Selama bulan suci Ramadhan, kaum Muslim berpuasa, tidak makan, minum dan merokok. Dari fajar hingga matahari terbenam, begitupun para penambang batubara Fuad Zenica di Bosnia.

Baca Artikel  Wow! Ini 10 Alat Berat Terbesar di Dunia

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer