Senin, April 15, 2024
Berita TambangKomitmen Perusahaan Tambang Kideco dalam Menjaga Alam

Komitmen Perusahaan Tambang Kideco dalam Menjaga Alam

Tidak dapat dipungkiri, kegiatan pertambangan pasti menimbulkan dampak yang baik dan buruk bagi lingkungan. Namun, di balik dampak buruk dari kegiatan perusahaan tambang ada tanggung jawab sosial yang dipikul oleh perusahaan untuk meminimalisir dampak tersebut.

Dalam industri pertambangan, mengelola lingkungan merupakan suatu hal yang penting dilakukan oleh perusahaan. Menyadari tuntutan tersebut, PT Kideco Jaya Agung, perusahaan tambang yang beroperasi di Paser, Kalimantan Timur melakukan program pengelolaan lingkungan untuk meminimalisir dampak buruk pertambangan.

Melalui pengelolaan lingkungan ini, PT Kideco percaya bahwa ini akan menghadirkan dampak positif bagi masyarakat serta lingkungan sekitar. 

Berikut bentuk komitmen dan tanggung jawab perusahaan bagi lingkungan: 

  1.   Pengelolaan Limbah
Baca Artikel  Gini Lho Cara Pengolahan Limbah Pertambangan Emas

Dalam proses pertambangan, limbah adalah sesuatu yang tak terelakkan, salah satunya adalah limbah B3. Oleh karena itulah, PT Kideco Jaya Agung bertanggung jawab untuk mengelola limbah tersebut dengan cara pengelolaan secara internal. 

  1.   Pengelolaan Air

PT Kideco Jaya Agung juga mengelola limbah air sebagai upaya pencegahan agar sungai tidak terkontaminasi oleh limbah perusahaan.

  1.   Pengelolaan Dalam Keanekaragaman Hayati

Selain mengelola air dan limbah, PT Kideco Jaya Agung juga mengelola keanekaragaman hayati dengan melakukan penanaman dan juga pembibitan berbagai macam pohon. 

  1.   Upaya Rehabilitasi Lokasi Tambang

PT Kideco Jaya Agung menerapkan rehabilitasi lokasi pertambangan untuk menghindari bencana banjir maupun longsor, yaitu dengan mengelola tanah pucuk kemudian menempatkan tanah tersebut di atas batuan sisa atau tanah lapisan paling bawah.

Melalui cara itu, diharapkan pemulihan kesuburan dari tanah bisa lebih cepat dan juga lebih efektif lagi.

Baca Artikel  Kadin Jambi Dukung Arsjad Rasjid Jadi Ketum Kadin 2021

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer