Minggu, April 14, 2024
Berita TambangLewat Teknologi Ini, Batubara Bisa Jadi Clean Energy

Lewat Teknologi Ini, Batubara Bisa Jadi Clean Energy

Teknologi Batubara Clean Energy – Pemerintah memastikan kegiatan eksplorasi pertambangan batubara masih akan berlangsung seiring dan meskipun ke depan permintaan pasar global akan mengalami penurunan.

Meskipun demikian, ini tidak berarti bahwa pemerintah tidak mendukung perjanjian dunia mengenai perubahan iklim untuk menghentikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) secara bertahap pada tahun 2030.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Kementerian ESDM Sujatmiko menjelaskan, bahwa Indonesia memang memiliki sumber daya batubara yang melimpah, yaitu mencapai 143,7 miliar ton, dengan cadangan sebanyak 38,8 miliar ton. Dengan rata-rata produksi mencapai 600 juta ton per tahun.

Dengan potensi cadangan batubara sebesar itu, pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan eksplorasi tambang komoditas tersebut. Sehingga batubara sebagai sumber energi bisa dimanfaatkan dengan bauran energi mix dengan energi lain. 

Baca Artikel  Ini Deretan Bos Batubara yang ‘Banting Setir’ ke Nikel

Dalam porsi energi mix sepanjang 2021-2030 nanti, memang batubara masih menempati porsi 60% pada bauran energi nasional. Maka dari itu, pengembangan PLTU batubara tidak akan dilakukan, kecuali yang sudah financial close atau kontruksi. Sehingga batubara akan tetap digunakan di PLTU meski terbatas.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer