Senin, April 15, 2024
Ilmu Tambang5 Manfaat Batubara Bagi Kehidupan Sehari-hari

5 Manfaat Batubara Bagi Kehidupan Sehari-hari

Batubara termasuk dalam sumber daya alam Indonesia yang sangat berharga dan memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Batubara membantu manusia untuk menikmati aliran listrik di rumah dan lingkungan aktivitasnya, membantu efektivitas kinerja manusia di segala bidang.

Nah, penasaran apa saja kira-kira manfaat batubara lainnya bagi kehidupan kita? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di bawah ini: 

  1. Bahan Bakar Pembangkit Listrik 

Batubara adalah bahan bakar terbaik untuk pembangkit listrik. Batubara dikonversikan menjadi uap panas yang menjadi sumber tenaga yang menggerakkan turbin generator listrik dan menghasilkan tenaga listrik.  

Penggunaan batubara di pembangkit listrik terbilang hemat karena dapat digunakan dua kali. 

  1. Menghasilkan Produk Gas 

Batubara dapat menghasilkan gas. Gas alam dihasilkan dari batubara murni yang diolah di tambang dan menjadi berbagai produk, seperti bahan bakar industri, pembangkit listrik berbahan bakar gas, serta produk hidrogen dan solar. 

  1. Mendukung Industri Baja
Baca Artikel  Mantab! Batubara Hibrida Menjawab Permasalahan Lingkungan

Batubara merupakan bahan bakar utama bagi industri baja. Produksi baja mentah umumnya menggunakan metalurgi batubara, khususnya dari bahan batubara kokas. 

Baca Juga: Permintaan dari Eropa Naik, Ini Sikap Perusahaan Induk Kideco

Karbon sangat diperlukan untuk memanaskan besi yang akan menjadi baja. Karbon dari batubara akan menghasilkan panas sangat tinggi sehingga mendukung proses produksi baja. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer