Minggu, Juni 16, 2024
Berita TambangMelimpah, 1,1 Miliar Ton Cadangan Tembaga di NTB

Melimpah, 1,1 Miliar Ton Cadangan Tembaga di NTB

Baru-baru ini ada kabar baik datang dari Nusa Tenggara Barat (NTB), bahwa cadangan tembaga dan emas terbesar ditemukan hingga disebut sumber harta karun yang menggemparkan.

Awalnya PT Sumbawa Timur Mining (STM) telah menemukan potensi sumber daya mineral tertunjuk tembaga dan emas sebesar 1,1 miliar ton dan potensi sumber daya mineral terekam sebesar 1 miliar ton tembaga dan emas.

Sementara saat ini Pemprov NTB dan PT STM melakukan perapatan untuk menghitung cadangan terekam atau jumlah kandungan tembaga dan emas.

Ada kegiatan pemrosesan mulai eksplorasi, menghitung cadangan terukur, perapatan untuk menghitung cadangan terekam, kemudian nanti akan dilakukan kajian tambang. Setelah itu dilakukan proses eksploitasi untuk mengambil tembaga dan emas.

Baca Artikel  7 Tambang Penghasil Tembaga Terbesar di Dunia

Namun PT STM tidak hanya menemukan mineral, tetapi juga panas bumi di Kabupaten Dompu. Maka PT STM juga akan melakukan eksplorasi panas bumi.

Baca Juga: Harga Batubara Sebulan Meroket 30%, Bisa Tetap Konsisten?

Diperkirakan jumlah kandungan sumber daya alam tersebut masih akan bertambah. Karena yang baru ditemukan itu pada satu blok dari dua blok di blok Onto, Kecamatan Hu’u.

Kemungkinan jumlah kandungan mineral akan meningkat jika eksplorasi blok lainnya telah selesai. Oleh karena itu PT STM akan menambah beberapa titik eksplorasi. Karena baru satu blok dari dua blok yang dieksplorasi.

Diharapkan apabila nanti blok Onto dieksplorasi, maka hasilnya tidak hanya untuk meningkatkan hajat hidup masyarakat NTB tetapi menjadi sumber kekayaan baru Indonesia.

Baca Artikel  Heboh! Harta Karun Kelas Dunia Ditemukan di NTB

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer