Minggu, Juni 16, 2024
Ilmu TambangMengejutkan! 4 Manfaat Tembaga Bagi Tubuh Kita

Mengejutkan! 4 Manfaat Tembaga Bagi Tubuh Kita

4 Manfaat tembaga bagi tubuh kita – Tembaga adalah mineral penting untuk tubuh manusia. Sama seperti logam lainnya, tembaga dibutuhkan oleh tubuh, meskipun tidak boleh terlalu banyak karena bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Tembaga ditemukan di berbagai jaringan tubuh dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Manfaat utama tembaga bagi tubuh manusia adalah untuk membentuk sel darah merah serta menjaga sel saraf dan sistem imun.

Tembaga sangat dibutuhkan tubuh karena:

1. Menjaga Sistem Imun

Kekurangan tembaga dapat memicu neutropenia. Neutropenia adalah kondisi kekurangan sel darah putih bernama neutrofil yang berfungsi mencegah infeksi.

Jika seseorang mengalami neutropenia, maka ia akan lebih mudah terkena penyakit infeksi. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan tembaga bisa menjaga sistem imun tetap optimal.

Baca Artikel  Simak 5 Daerah Kaya Akan Nikel di Indonesia!

2. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Kekurangan tembaga dalam tubuh akan meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Suplemen tembaga mampu menurunkan penyakit kardiovaskular. Meskipun demikian, ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efeknya pada manusia.

3. Meningkatkan Produksi Kolagen

Tembaga membantu tubuh untuk meningkatkan dan menjaga produksi kolagen dan elastin, yang merupakan jaringan penting di dalam tubuh, terutama pada kulit.

Baca Juga: Catat! Ini Manfaat Smelter Bagi Industri dalam Negeri

Selain itu, tembaga juga diyakini memiliki efek antioksidan. Kedua fungsi tersebut membuat tembaga bisa mencegah penuaan pada kulit.

4. Mencegah Osteoporosis

Kekurangan tembaga diduga berkaitan dengan rendahnya kepadatan tulang seseorang sehingga meningkatkan risiko terkena osteoporosis.

Baca Artikel  ‘Yubari’ Museum Tambang yang Sarat Sejarah di Jepang

Meskipun demikian, ini masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui seberapa parah defisiensi tembaga mempengaruhi kepadatan tulang untuk mencegah osteoporosis.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer